PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DI ERA SDGs

Imam Setiawan

Abstract

Perkembangan abad 21 menyebabkan cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan terutama di bidang teknologi, komunikasi, dan informasi. Untuk dapat bertahan hidup diabad 21 diperlukan beberapa kemampuan diantaranya adalah kemampuan berpikir kritis, komunikasi, kreatif, dan kolaborasi. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul berbasis problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah systematic review yaitu menganalisis artikel jurnal sebelumnya secara terstruktur dan terencana yang diperoleh dari google scholar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan akademik siswa setelah menggunakan modul berbasis problem based learning.

Keywords

Modul, Problem based learning, Keterampilan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References

Aldila, S., & Mukhaiyar, R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Di Kelas X SMK Negeri 1 Bukittinnggi. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(2), 51–57.

Arends, R. (2008). Learning to Teach. Pustaka Belajar.

Dewi, S. Z., & Ibrahim, H. T. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13(1), 130–136.

Fradisa, L., & Kartika, K. (2019). Penerapan Modul Biologi Berorientasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 4(2), 121–127.

Haryadi, R., & Nurmala, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 7(1), 32–39.

Hia, E. D. S. P., Maulina, J., & Pohan, L. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Handout dan Modul pada Materi Stoikiometri Larutan Di SMA Nurul Amaliyah Deli Serdang. Journal of Chemistry, Education, and Science, 2(1), 1–13.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontektual Dalam Pembelajaran Abad 21.

Lidia, R., Sarwi, & Nugroho, S. E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Modul terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa. Unnes Physics Education Journal, 7(2), 105–111.

Tulljanah, R., & Amini, R. (2021). Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review. Jurnal Basicedu, 5(6), 5508–5519.

Tutik, R., & Hariyati, S. (2010). Mengenal Sistematic Review Theory dan Studi Kasus. Jurnal Keperawatan Indonesia, 13(2).

Ulhaq, R., Huda, I., & Rahmatan, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Modul Kontruktivisme Radikal terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 4(2), 244–252. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.17874

Yusuf, Y., Suyitno, H., Sukestiyarno, Y. L., Isnarto, & Jaenudin, A. (2021). Implementasi E-Learning dengan Model PACE Berbantuan Modul Berbasis Masalah Pada Kondisi Pandemic Covid-19. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 1–13.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.