LITERATUR REVIEW : ANALISIS DAMPAK BALAI EKONOMI SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN JUMLAH PEKERJAAN LAYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA BOROBUDUR

Arindra Alfarizi

Abstract

Balai ekonomi desa (Balkondes) berbasis ekowisata di Desa Borobudur merupakan upaya untuk mendorong dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa melalui pemberdayaan desa mandiri. Balkondes Borobudur memiliki potensi pariwisata berupa wisata alam, agro wisata dan wisata budaya sebagai penunjang perekonomian masyarakat desa. Tentunya dengan besarnya potensi yang dimiliki kawasan Balkondes Borobudur, perlu diimbangi dengan pengelolaan dan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG). Salah satu tujuan SDG adalah pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dampak balkondes berbasis ekowisata sebagai sarana peningkatan lapangan pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan sumber literatur adalah artikel ilmiah, website BPS dan Buku. Hasil kajian yang didapatkan adalah Balkondes berbasis ekowisata berkontribusi sebagai sarana meningkatkan jumlah pekerjaan layak dengan mengurangi tingkat pengangguran melalui penyediaan lapangan kerja. Selain itu Balkondes juga berkontribusi terhadap pertumbuhan  ekonomi dengan meningkatkan produktivitas ekonomi yang dipengaruhi oleh perubahan sosial-ekonomi yang mendorong masyarakat beralih profesi dari sektor pertanian ke sektor pariwisata yaitu perdagangan dan wirausaha.

Keywords

Balkondes, Borobudur, ekonomi, dan pekerjaan layak

Full Text:

PDF

References

Bappenas (2022), Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. https://sdgs.bappenas.go.id/tujuan-8/. Jakarta

Biantoro, R., & Ma’rif, S. (2014). Pengaruh pariwisata terhadap karakteristik sosial ekonomi masyarakat pada kawasan objek wisata Candi Borobudur Kabupaten Magelang. Teknik PWK (Perencanaan Wilayah Kota), 3(4), 1038-1047.

Destiningsih, R., Achsa, A., & Verawati, D. M. (2020). Strategi Pengembangan Pariwisata di Wisata BALKONDES Ngadiharjo di Kawasan Borobudur Kabupaten Magelang. Jurnal Destinasi Pariwisata, 8(2), 322.

Dini Waras Wati, (2020) Implikasi Alih Guna Lahan Pertanian Menjadi Guna Lahan Wisata Terhadap Perubahan Mata Pencaharian Petani Di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Under Graduates thesis, UNNES.

Filia, P. G., & Alfirdaus, L. K. (2020). Analisis Stakeholder dalam Program CSR-BUMN: Balkondes (Balai Ekonomi Desa) Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Journal of Politic and Government Studies, 9(03), 1-10. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/view/27516

Hidayah, A. N., & Agustinah, R. (2019). Balkondes Candirejo Magelang sebagai Bentuk Pengembangan Desa Wisata yang Berkelanjutan. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 3(1), 70-81.

Sholichan, Ahmad (2020) Analisis Dampak Sosial Ekonomi Dan Pengelolaan Desa Wisata Dan Balai Ekonomi Desa Dalam Mengembangkan Pariwisata Di Kawasan Candi Borobudur. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

Sintya Fitriana Dewi, (2020) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Balkondes (Balai Ekonomi Desa): Studi Kasus di Balkondes Sakapitu, Desa Tegalarum, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Hardiyanti, K., Purnaweni, H., & Sundarso, S. (2020). Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Balkondes Kabupaten Magelang. Jurnal Pemerintahan dan Kebijakan (JPK), 1(2), 83-93.

Wrihatnolo, Randy R. dan Riant Nugroho Dwidjowijoto. (2007). Manajemen Pemberdayaan: Sebuah Pengantar dan Panduan untuk Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.