LITERATURE REVIEW POTENSI DAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA PERIKANAN LAUT DI INDONESIA

Ade Nur Anugrah, Arindra Alfarizi

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki bentang geografis dengan wilayah perairan yang luas. Berdasarkan kondisi geografis tersebut,  mengindikasikan adanya potensi kelimpahan sumber daya perikanan. Potensi sumber daya perikanan yang besar di Indonesia, tentunya membutuhkan pengelolaan yang baik. Oleh karena itu tujuan penulisan artikel ini adalah mengulas potensi dan pengelolaan sumber daya perikanan laut di Indonesia, dari segi wilayah, produksi, regulasi, dan keberlanjutan sumber daya. Metode penelitian dalam penulisan artikel ini menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan data yang berasal dari Kementerian Perikanan dan Kelautan, Badan Pusat Statistik, dan beberapa literatur terkait. Hasil penelitian menunjukan potensi lestari perikanan laut Indonesia berada pada nilai 12.01 Juta Ton, besarnya nilai potensi tersebut membutuhkan pengelolaan ekosistem laut yang baik, diantaranya melalui konservasi terumbu karang dan kegiatan kelompok masyarakat sebagai sistem pengawasan lingkungan dan sosial.

Keywords

Sumber Daya Perikanan, Laut, Perikanan

Full Text:

PDF

References

Charles AT. (2011). Sustainable Fishery System. Blackwell Science Ltd. Oxford.

Dermawan A. (2014). Konservasi Untuk Kesejahteraan. Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta.

Gerungan, L. K. (2016). Penegakan Hukum Di Wilayah Perairan Indonesia. Lex et Societatis, 4(5).

Gjertsen, H. (2005). Can habitat protection lead to improvements in human well-being? Evidence from marine protected areas in the Philippines. World Development, 33(2), 199-217.

Is Hartono dan Raharjo. (2016). Sustainable Development Goals(SDGs) dan Pengentasan Kemiskinan. Universitas Padjadjaran. Bandung.

Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2018). Komitmen Menjaga Laut Lewat “Our Ocean Conference”. Jakarta.

Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 19 Tahun 2022. Estimasi Potensi, Jumlah Tangkapan Yang Diperbolehkan, dan Tingkat Pemanfaatan Sumber Daya Ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia. 22 Desember 2017. Jakarta

KKP (2022). Produksi Perikanan Nasional. Diakses pada tanggal 7 September 2022.

Kusdiantoro dkk. (2019). Perikanan Tangkap di Indonesia: Potret dan Tantangan Keberlanjutannya. Jurnal Sosek KP Vol. 14 No 2. Jakarta

Mallawa, A. (2006). Pengelolaan sumberdaya ikan berkelanjutan dan berbasis masyarakat. Lokakarya Agenda Penelitian COREMAP II. Kabupaten Selayar.

Marasabessy, A. Z., & Najamuddin, N. (2015). Analisis Kelembagaan Pengelolaan Sumberdaya Perikanan di Kabupaten Maluku Tengah. Octopus: Jurnal Ilmu Perikanan, 4(1), 320-326.

Mulyana, R., Haluan, J., Baskoro, M. S., & Wisudo, S. H. (2012). Keberlanjutan Perikanan Skala Besar di Laut Arafura. Buletin PSP, 20(1), 35-43.

Pezzey, J. C., Roberts, C. M., & Urdal, B. T. (2000). A simple bioeconomic model of a marine reserve. Ecological economics, 33(1), 77-91.

Tajerin, T. (2017). Dinamika Peran Sektor Perikanan Dalam Perekonomian Indonesia: Analisis Input-Output 1990-2005. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 4(1), 59-80.

Untung, U. A. N. (2021). Perspektif Eksploitasi dan Konservasi dalam Pengelolaan Sumber Daya Perikanan Indonesia: Menjaga Kelestarian Daya Dukung Lingkungan Atas Eksploitasi Sumber Daya Ikan. Majalah Media Perencana, 2(1), 51-67.

Yuliani dkk. (2016). Pengelolaan Ekosistem Terumbu Karang Oleh Masyarakat di Kawasan Lhok Seudu Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar. Universitas Syiah Kuala. Aceh.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (2010). Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER19/MEN/2010 tentang Pengendalian Sistem Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan dan. Jakarta

Kementerian Kelautan dan Perikanan (2017). Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor : KEP01./MEN/2007 tentang Persyaratan Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan pada Proses Produksi. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.