PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ELEKTRONIK FISIKA BERBASIS LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM (LCDS) PADA MATERI BESARAN DAN PENGUKURAN

An-nisa Miftahatuljannah, Rini Budiharti, Ahmad Fauzi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan tahapan proses pengembangan modul pembelajaran elektronik pada materi Besaran dan Pengukuran menggunakan software LCDS, (2) mengetahui spesifikasi modul pembelajaran elektronik yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan, yaitu berdasarkan pada model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan modul pembelajaran elektronik yang dilakukan hanya sampai pada tahap ketiga dari lima tahapan yaitu (1) analysis,

(2)    design dan (3) development. Data yang diperoleh yaitu dari data kualitatif yang didukung oleh data kuantitaif dari angket. Sumber data terdiri dari 2 orang ahli, 3 orang guru Fisika SMA dan siswa. Banyaknya siswa yaitu 3 orang siswa pada uji coba one to one, 9 orang siswa pada uji coba kelompok kecil dan 89 orang siswa pada uji coba lapangan. Semua uji coba dilakukan pada 3 sekolah yang berbeda yakni SMA Al Islam 1 Surakarta, SMA Negeri 4 Surakarta dan SMA Negeri Colomadu Karanganyar. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) Tahap pengembangan modul pembelajaran elektronik ini meliputi: (a) tahap persiapan dengan menyusun materi serta penentuan aplikasi pendukung yang akan digunakan, (b) tahap pembuatan konten modul dengan menggunakan aplikasi pendukung dan penyusunan modul dengan menggabungkan konten yang telah dibuat pada software utama LCDS, (c) tahap penyelesaian dengan melakukan validasi ahli dan revisi sesuai saran serta masukan dari ahli, (d) pengujian modul pembelajaran elektronik kepada siswa serta melakukan revisi sesuai saran serta masukan dari siswa dan melakukan publish file ke dalam format HTML. (2) Modul pembelajaran elektronik yang dikembangkan menyajikan materi Besaran dan Pengukuran yang terdiri dari sub materi Besaran Satuan, Dimensi Besaran, Pengukuran, Ketidakpastian Pengukuran dan Angka Penting. Pada setiap sub materi dilengkapi dengan konten video, animasi atau simulasi, latihan soal yang disertai dengan analisis kesalahan jawaban, rangkuman materi, dan soal evaluasi akhir. Hasil akhir dari penelitian pengembangan ini adalah diperoleh modul pembelajaran elektronik pada materi Besaran dan Pengukuran dengan software LCDS yang memenuhi kriteria sangat baik. Kesimpulan ini diperoleh dari hasil validasi ahli, hasil penilaian siswa pada uji coba satu-satu (one to one), uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan.

Keywords

Modul Pembelajaran Elektronik, LCDS, Besaran dan Pengukuran

Full Text:

PDF

References

Abbas., Muhammad Yusuf Hidayat. (2018). Faktor- faktor Kesulitan Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas IPA Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Fisika. 6(1): 45-49 ISSN: 2355-5785

Alfian. 2010. Membuat Presentasi Menakjubkan Dengan Microsoft Power Point. Mediakita

Aristiyaningsih, Lia dan Rini Budiharti. (2015). Peningkatan Sikap Peka Terhadap Lingkungan Sekitar Melalui Project Based Learning. Prosiding Semnas Fisika Dan Pendidikan Fisika. 6(1): 218-224.

Arkundanto, A. 2007. Pembaharuan Dalam Pembelajaran Fisika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Azwar, S. 2007. Tes Prestasi dan Pengembangan Pengukuran Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Branch, R. M. 2009. Instructional Design The ADDIE Approach. New York: Springer.

Cahyani, A. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Learning Content Development System (LCDS) pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi. Jurnal Pembelajaran Fisika. 4(1): 119-130.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gaya Media.

Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang, Depdiknas.

Direktorat Jendral Pendidikan Agama Islam Departemen Agama RI. 2006. Undang- Undang Dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan. Jakarta: Departemen Agama RI.

Ghaliyah, Sitti., Fauzi Bakri., Siswoyo. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Learning Cycle 7E Pada Pokok Bahasan Fluida Dinamik Untuk Siswa SMA Kelas XI. Prosiding Semnas SNF2015. Vol. 4 ISSN: 239-0654

Giancoli, Douglas C. 1997. Fisika Jilid 1 Edisi 4. Jakarta: Erlangga

Gunawan, Dedi. (2010). Modul Pembelajaran Interaktif Elektronika Dasar Untuk Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Menggunakan Macromedia Flash 8. Jurnal Komuniti. 2(1)

Hafsah, Nandya R.J., Dedi Rohendi., Purnawan. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Modul Elektronik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik. Journal of Mechanical Engineering Education. 3(1).

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamid, Ahmad Daud. 2011. Pembelajaran Fisika Di Sekolah Apa Dan Bagaimana Pendekatan Generic Dan Metode Iqra Dilaksanakan Dalam Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: UNY

Jati, Bambang M. E & Tri Kuntoro Priyambodo. 2007. Fisika Dasar. Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran Yang Menarik Dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Pratama, Nurris Septa dan Edi Istiyono. (2015). “Studi Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Higher Order Thinking (HOTS) Pada Kelas X di SMA Negeri Yogyakarta”. 6(1): 104-112 ISSN: 2302-7827

Purwono, Joni., dkk. 2014. “Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP N 1 Pacitan”. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 2(2): 127 – 144 ISSN: 2354-6441

Ruhyabi, Heri. 2012. Teori-Teori Belajardan Aplikasi Pembelajaran Motoric. Majalengka: Referens.

Rusilowati, Ani. (2007). Diagnosis Kesulitan Belajar Fisika Siswa SD, SMP, Dan SMA Dengan Teknik General Diagnostic Dan Analytic Diagnostic. Prosiding Cetak Seminar Nasional MIPA 2007. 243 – 252

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group

Satriawan, Mirza. 2012. Fisika Dasar. Yogyakarta: UNY.

Setiyadi, Muhammad Wahyu., Ismail., Hamsu Abdul Gani. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal Of Educational Science And Technology. 3(2): 102-112 ISSN: 2460-1497

Simamora, Fince Grasella., Chandra Ertikanto., Ismu Wahyudi. (2017). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis LCDS Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5(3): 91-100

Siregar, Eveline Dan Hartini Nara. 2011. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugianto, Dony., dkk. (2013). Modul Virtual Multimedia Flipbook Teknik Dasar Digital. Jurnal Invotec. 2(11)

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suparno P. 2009. Kajian Kurikulum Fisika SMA/MA Berdasarkan KTSP. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Taufani, Dani R dan Mohammad Iqbal. 2011.

Membuat Konten E-Learning dengan Microsoft Learning Content Development System (LCDS). Bandung

Widoyoko, Eko Putro. 2014. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.