PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBENTUK SIMULASI BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI FLUIDA STATIS

Qatrunnada Salsabila Putri

Abstract

Media pembelajaran yang saat ini sudah dikembangkan salah satunya menggunakan Macromedia Flash. Pada Macromedia Flash dapat ditampilkan animasi 2D, kuis atau soal latihan, dan suara maupun musik. Hal ini diharpkan dapat menarik siswa didik untuk belajar mandiri menggunakan media pembelajaran elektronik. Berdasarkan latar belakang tersebut, diperlukan adanya pengembangan media  yaitu membuat media pembelajaran yang mengggunakan Adobe Flash. Inovasi Adobe Flash ini menampilkan Gambar 2D dengan dilengkapi video animasi. Selain itu, ketika hendak menggunakannya akan ringan saat digunakan pada Laptop atau PC. Adobe Flash juga dapat memperjelaskan materi-materi fisika yang biasa dianggap sukar menurut para siswa. Sehingga materi fisika yang disajikan dengan Adobe Flash adalah materi mengenai Fluida Statis yang dipelajari di siswa kelas XI SMA. Media Pembelajaran yang dihasilkan merupakan media pembelajaran yang digunakan untuk alat bantu guru dalam menyampaikan materi Fluida Statis. Pada pembelajaran yang dihasilkan menggunakan pengembangan ADDIE dengan dibatasi pada tahap Pengembangan (Development). Selain itu menggunakan Adobe Flash CS6 dalam pembuatan media pembelajaran. Hasil penilaian dari ahli mater, ahli media, ahli bahasa, uji coba satu – satu, uji coba kelompok kecil, dan uji lapangan disimpulkan bahwa media pembelajaran masuk dalam kategori sangat baik.

Keywords

Media, Adobe Flash, Fluida Statis

Full Text:

PDF

References

Addie Model. (Februari 2018). ADDIE Model. Diperoleh pada 9 November 2019, dari https://id.wikipedia.org/wiki/ ADDIE_Model.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada

article/view/7765.

Asrijanty. (2014). Validitas Prediktif Bakat Skolastik dan Prestasi Belajar sebagai Kriteria Seleksi Masuk Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 20 (4), 1-14. Diperoleh pada 3 Oktober 2019, dari http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/732/481

Astra, I Made. (2012). Aplikasi Mobile Learning Fisika dengan Menggunakan Adobe Flash sebagai Media Pembelajaran Pendukung. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18 (2), 174-180. Diperoleh pada 1 Maret 2019, dari https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/79/76

Azwar, Saifuddin. (2017). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Branch RM. (2010). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science &Business Media,LLC

Damayanti AE, Syafei I, Komikesari H, Rahayu R. (2018) Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Android pada Materi Fluida Statis. Indones J Sci Mat Educ, 1(1), 63-70.

Daryant. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Daryanto. (2013).Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Dick, Walter, dkk. (1937). The Systematic Design of Instruction. Boston: Pearson

Heinich, Monlenda, Russell, Smaldino. (1996). Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Miles, M. B. & Huberman A. M. (1984). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Pramita, Linda, Yetty Hastiana, Siroj, Rusdy A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Materi Keanekaragaman Hayati dalam Bentuk Powerpoint Interaktif di SMA Kelas X. (Versi elektronik) Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5 (1), 81-95. Diperoleh pada 20 Oktober 2019, dari https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/6420/4421

Sari, Nurmalita, dkk. (2018). Analisis Motivasi Belajar Ssiwa Dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3 (1), 17-32. Diperoleh pada 2 Maret 2019, dari https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/591/432

Setia, Meina Oza. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Adobe Flash CS 6 Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak dan Penerapannya (Versi Elektronik). Jurnal Edu Fisika, 2 (2), 42-57 diperoleh pada 1 Maret 2019, dari https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/3961/4003

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suryani, Nunuk, dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Surakarta: Rosda.

Tipler, Paul A. (2001). Fisika Untuk Sains dan Teknik Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Umam A, Surantoro S, Masithoh DF. (2015). Pengembangan Mobile Pocket Book Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Professional Cs 5.5 Pada Materi Fluida Statik Sma Kelas X. Pros Semin Nas Fis dan Pendidik Fis, 6 (4), 185-188. diperoleh pada 9 November 2019, dari http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosfis1/

Refbacks

  • There are currently no refbacks.