ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA MATERI POKOK IMPULS DAN MOMENTUM KELAS X MIA SMA NEGERI 3 BOYOLALI

Novanda Adi Nugraha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal Fisika pada materi pokok Impuls dan Momentum. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif kualitatif yang didukung data kuantitatif berupa persentase. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Boyolali. Subjek penelitian yang dipilih adalah siswa kelas X-MIA 5 dan X-MIA 6. Analisis data dilakukan terhadap 10 siswa dari 67 siswa. Metode observasi, metode tes, dan metode wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Triangulasi data digunakan untuk validasi data, yaitu dengan membandingkan data hasil observasi, data hasil tes, dan data hasil wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan yaitu kesalahan yang paling dominan dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal Fisika pada materi pokok Impuls dan momentum yaitu kesalahan konsep dan kesalahan tanda yang besarnya sama-sama 98,51%,  kesalahan konsep disebabkan siswa bingung dan belum memahami konsep yang ada pada materi Impuls dan Momentum dengan benar, sedangkan kesalahan tanda disebabkan siswa belum memahami bahwa gerak benda mempengaruhi tanda, dan tidak teliti dalam membaca soal. Kemudian kesalahan strategi sebesar 77,61% yang disebabkan penguasaan konsep masih lemah, siswa terbiasa menuliskan jawaban tanpa menuliskan persamaan yang digunakan, dan tidak teliti membaca apa yang ditanyakan pada soal, kesalahan terjemahan sebesar 50,75% yang disebabkan ketidaktelitian siswa membaca petunjuk pengerjaan soal, tidak mengetahui satuan dan simbol dari besaran Fisika yang ada, siswa tidak terbiasa menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, dan siswa lupa, kesalahan hitung sebesar 43,28% yang disebabkan  siswa terburu-buru dalam menyelesaikan soal sehingga siswa menjadi tidak teliti, dan soal yang tidak direspon sebesar 37% yang disebabkan siswa tidak memahami konsep dan kehabisan waktu untuk menjawab soal.

Keywords

analisis kesalahan, menyelesaikan soal, Impuls dan Momentum

Full Text:

PDF

References

Arofah, Dewi Nur. 2015. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) Disertai Media Foto Kejadian Fisika Dalam Pembelajaran Fisika di SMAN 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 4 No. 3. Hal 187-191.

Moleong, J. Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ornek, et al. 2008. What makes Physics Difficult?. International Journal of Environmental & Science Education. Vol. 3 No. 1. Hal 30-34.

Rufaida, Suni Ani. 2012. Profil Kesalahan Siswa SMA Dalam Pengerjaan Soal Pada Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika.

Samudra, et al. 2014. Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suroso. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal-Soal Fisika Termodinamika pada Siswa SMA Negeri 1 Magetan. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. Vol. 4 No. 1. Hal 8-18.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.