PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOSAINS YANG BERSUMBER PADA KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X MIPA 4 SMA NEGERI 3 BOYOLALI

Dwikie Mahendra Sani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik kelas X MIPA 4 SMA Negeri 3 Boyolali tahun ajaran 2018/2019 melalui penerapan pembelajaran berbasis etnosains yang bersumber pada kearifan lokal. Penelitian ini merupaka Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas X MIPA 4 SMA Negeri 3 Boyolali semester genap tahun pelajaran 2018/2019, objek penelitian adalah keterampilan proses sains peserta didik. Aspek keterampilan proses sans yang diteliti adalah 1) mengamati, 2) mengklasifikasi, 3) menginterpretasi, 4) memprediksi, 5) mengajukan pertanyaan, 6) mengajukan hipotesis, 7) merencanakan percobaan, 8) menggunakan alat dan bahan, 9) menerapkan konsep, 10) mengkomunikasikan, dan 10) melaksanakan percobaan. Indikator ketercapaian penelitian ini yaitu skor seluru aspek keterampilan proses sains mencapai lebih dari 75% dan terjadi peningkatan skor rata-rata keterampilan proses sains dari seluruh indikator. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, kajian dokumen, dan wwancara, Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran berbasis etnosains yang bersumber pada kearifan lokal dapat meningkatkan ketrampilan proses sains  peserta didik kelas X MIPA 4 SMA Negeri 3 Boyolali. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tindakan pada siklus II seluruh aspek keterampilan proses sains mengalami kenaikan dan memenuhi target dibandingkan pada saat observasi pra tindakan.

Keywords

PTK, etnosains, keterampilan proses sains

Full Text:

PDF

References

Aikenhead, G. & Ogawa, M. (2007). Indigenous knowledge and science revisited. Cultural Studies of Science Education, 2(3), 539–620.

Joseph, M.R. (2010). Ethnoscience and Problems of Method in the Social ScientificStudy of Religion. Oxfordjournals. 39(3): 241-249.

Krajcik, J.S., Czerniak, C.M, & Berger, C. (1999). Teaching children science: A project-based aprroach. Boston: McGraw Hill Colleg.

Parmin, 2017. Ethnosains. Semarang:Swadaya Manunggal.

Rahayu, W. E., & Sudarmin. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energii dalam Kehidupan untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(2). Diambil kembali dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada

Sardiyo. 200R5. Pembelajaran Berbasis Budaya Model: Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan. 6(2): 83-96.

Setyawati, Conny. 1986 Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (1992). Penilaian Hasil ProsesBalajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.

Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan sebagai Suatu PEndekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.