REMIDIASI PEMBELAJARAN GETARAN HARMONIS SEDERHANA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X M

Tony Wijaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa untuk mencapai ketuntasan aspek kognitif pada materi Getaran Harmonis Sederhana dalam penerapan pembelajaran remidiasi Fisika menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan menggunakan rancangan one group pre-test post-test. Sampel penelitian adalah 39 siswa dari kelas X MIA 4 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Data diperoleh melalui observasi, dan test. Teknik analisis data dengan uji-t satu sampel pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran remidiasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan kognitif dari 0% menjadi 66,67%. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil tes awal diperoleh nilai rata-rata 43,93 dan hasil tes akhir diperoleh nilai rata-rata adalah 77,52. Dari hasil analisis data menggunakan uji-t satu pihak menunjukkan bahwa pada taraf signifikasi 5%, thitung > ttabel = 1,742 > 1,685.

Keywords

pembelajaran remidiasi Fisika, STAD, kemampuan kognitif, getaran harmonis sederhana

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, A dan Widodo, S. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakata: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto dan Mohammad, F. (2013). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta : Gava Media.

Depdiknas. (2003). Pembelajaran Remedial. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.

Dimyati, & Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hastuti, Sri. (1992). Pengajaran Remedial. Yogyakarta: Mitra Gama Widya.

Herbert Druxes, Fritz Siemsen, & Gernot Born. (1986). Kompendium Didaktik Fisika. Terjemahan Soeparmo. Bandung: Remadja Karya.

Ischak, W. (1982). Program Remedial dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Liberty.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Silverius, Suke. (1991). Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Grasindo.

Slameto. (2001). Evaluasi Pendidikan. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Slavin, E, Robert. (2008). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Terjemahan Lita. Bandung: Nusamedia.

Sugiyono. (2008) .Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantititatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyanto. (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS.

Suharno, dkk. (2000). Belajar dan Pembelajaran II. Surakarta : UNS-Press.

Sutikno, M.S. (2009). Belajar dan pemebelajaran. Bandung: Prospect.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.