IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 2 BOYOLALI PADA MATA PELAJARAN FISIKA

Rizal Mustofa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016 pada pembelajaran Fisika melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Subjek penelitian dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Boyolali yang terdiri dari 34 siswa dengan komposisi 12 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan dari hasil analisis data dan pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamnet dapat meningkatkan kemampuan partisipasi siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Boyolali pada mata pelajaran Fisika yang ditunjukkan oleh peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat diungkapkan bahwa partisipasi siswa mengalami kenaikan 13,84 yang mulanya 63,37 pada siklus I menjadi 77,21 pada siklus II. (2) Tiap-tiap indikator partisipasi siswa telah mencapai target penelitian dengan nilai ≥ 70. Nilai pada tiap-tiap indikator meningkat dari Siklus I ke Siklus II.

Keywords

Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournamet, Partisipasi Siswa

References

Andang, Ismail. 2006. Education Games, Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.

Asep, Jihad dan Abdul, Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nana, Sudjana. (2011). Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nana, Sudjana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rudy Kustijono. (2011). Implementasi Student Centered Learning Dalam Praktikum Fisika Dasar: Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), vol. 1, no. 2, pp. 19-32.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. (1993). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutrisno. 2006. Fisika dan Pembelajarannya. Bandung: UPI Press.

Wijaya, Kusumah dan Dedi, Dwitagama. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Edisi Kedua. Jakarta: PT.Indeks.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.