PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 6 SMA NEGERI KARANGPANDAN PADA MATERI TEORI KINETIK GAS MELALUI BLENDED LEARNING BERBANTUAN ISPRING SUITE 8

Sekar Tani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan kognitif peserta didik kelas XI IPA 6 SMA Negeri Karangpandan pada materi Teori Kinetik Gas dengan menerapkan blended learning berbantuan iSpring Suite 8. Subjek penelitian ini terdiri dari 27 orang peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket, dan tes tertulis. Data tersebut dianalisis secara kualitatif dan didukung dengan data kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yaitu : (1) penerapan blended learning tipe station rotation berbantuan iSpring Suite 8 untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan kognitif peserta didik kelas XI IPA 6 SMA Negeri Karangpandan pada materi Teori Kinetik Gas dapat dilakukan dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran meliputi: (a) pemberian motivasi terkait materi ajar, (b) perumusan masalah dan tujuan pembelajaran oleh guru dan peserta didik, (c) kegiatan belajar mandiri peserta didik dalam kelompok, (d) rotasi peserta didik dalam beberapa stasiun, (e) presentasi peserta didik, (f) konfirmasi guru, (g) pemberian contoh penyelesaian masalah, dan (h) posttest; (2) peningkatan kemandirian belajar peserta didik mencapai target penelitian tercapai dalam dua siklus hingga sebagian besar peserta didik memiliki kemandirian belajar pada kategori Baik dan Sangat Baik; (3) peningkatan kemampuan kognitif peserta didik mencapai target penelitian dalam dua siklus hingga sebagian besar peserta didik mencapai ketuntasan posttest.

Keywords

Kemandirian Belajar, Kemampuan Kognitif, Blended Learning, iSpring Suite 8

Full Text:

PDF

References

Anderson, L.W. & Kratwhwohl, D.R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Bloom. Terj. Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anitah. (2009). Media Pembelajaran. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Chasiyah, Chadidjah, H.A., & Legowo, E. (2009). Perkembangan Peserta Didik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Daryanto & Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gramedia.

Glazer, F.S. (2012). Blended Learning. Virginia: Stylus Publishing. Diperoleh pada 27 Desember 2016, dari http://idr.iain-antasari.ac.id/12/1/Makalah%20 Kelompok %20TI-Kelas%20Khusus.pdf

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Lipton, L. & Hubble, D. (2005). Menumbuhkembangkan Kemandirian Belajar: Mengoptimalkan Kecerdasan Baca-Tulis, Membangun Lingkungan Belajar, Mengevaluasi Perkembangan Peserta didik. Terj. Raisul Muttaqin. Bandung: Nuansa. (Buku asli diterbitkan 1997)

Margono, dkk. (1994). Dasar-Dasar Pendidikan MIPA. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Priyanti, Y. (2015). Penerapan Model Blended Learning pada Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Kognitif Peserta didik Kelas X MIPA 7 SMA Negeri 1 Surakarta. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sriwartini, D. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Metode Blended Learning Berbasis Edmodo Social Networking pada Peserta didik SMA N 1 Mojolaban Tahun 2015. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Staker, H. & Horn, M.B. (2012). Classifying K-12 Blended Learning. Diperoleh pada 29 Desember 2016, dari http://www.christensen institute.org/wp-content/uploads/2013/04/ Classifying-K-12-blended-learning.pdf

Sufyarma. (2004). Kapita Selekta Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tirtarahardja, U. & La Sulo, S.L. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Utomo, P.W. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Software iSpring Suit pada Materi Protozoa untuk Peserta didik Kelas X IPA di SMAN 11 Kota Jambi. Diperoleh pada 2 Januari 2017, dari http://www.ecampus.fkip.unja.ac.id/eskr ipsi/data/pdf/jurnal_mhs/artikel/A1C407018.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.