KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA SISWA SMA PADA MATERI GRAVITASI

Purnomo Wahyu Nugroho

Abstract

: Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui ada atau tidak adanya korelasi antara kecerdasan emosional siswa dengan  kemampuan kognitif Fisika siswa SMA kelas XI. (2) mengetahui ada atau tidak adanya korelasi antara kedisiplinan belajar dengan kemampuan kognitif Fisika siswa SMA Kelas XI. (3) mengetahui ada atau tidak adanya korelasi antara kecerdasan emosional siswa dan kedisiplinan belajar dengan kemampuan kognitif Fisika siswa SMA Kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Baturetno Tahun Ajaran 2015/2016 dengan sampel 32 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik angket digunakan untuk mengungkap data motivasi belajar siswa dan lingkungan belajar siswa. Angket yang digunakan dalam penelitian telah diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Teknik tes digunakan untuk mendapatkan data kemampuan kognitif Fisika siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear ganda dengan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji independensi, dan uji linearitas. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional siswa dengan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas XI MIA SMA Negeri Baturetno Wonogiri Tahun Ajaran 2015/2016 dengan koefisien korelasi sebesar 0,0375. (2) Ada korelasi yang signifikan antara kedisiplinan belajar siswa dengan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas XI MIA SMA Negeri Baturetno Wonogiri Tahun Ajaran 2015/2016 dengan koefisien korelasi sebesar 0,0103. (3) Ada korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional siswa dan kedisiplinan belajar siswa dengan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas XI MIA SMA Negeri Baturetno Wonogiri Tahun Ajaran 2015/2016 dengan koefisien korelasi sebesar 0,0507.

Full Text:

PDF

References

Anas Sudijono. 2001. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo

Berrocal, Fernández. 2008. The Emotional intelligence in the school context. Electronic Journal of Research in Educational Psychology.

Budiyono. 2004. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press

Chabib Toha. 1991.Teknik Evaluasi Pendidikan Jakarta: Rajawali Pers

Conny R. Semiawan. 1999. Perkembangan dan Belajar Peserta Didik. Yogyakarta: UNY

Cooper, R. K dan Sawaf, A. 1998 . Excutive SQ – Kecerdasan Emosional dalam Kepemimpinan dan Organisasi. Terjemahan Kantjono. Jakarta: Gramedia

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Ekosiswoyo Rasdi dan Rachman Maman. 2000. Manajemen Kelas. Semarang: IKIP Semarang Press.

Ermaya Suradinata. 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Ramadhan

Gardner, Howard. 1993. Multiple Intelligences. New York: Basic Books

Goleman, Daniel. 2002. Emotional Intelligence. (diterjemahkan oleh: T.Hermaya). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Gredler, Bell. 1986. Learning and instruction. New York: Macmillan Publishing

Hamzah B. Uno. 2009. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hunt, S.D dan R.M. Morgan, 1981. The Comporative Advantage Theory of Competition. Journal of Marketing

Irmin Soejitno dan Abdul Rochim. 2004. Membangun Disiplin Diri Melalui Kecerdasan Spiritual Dan Emosional. Yogyakarta : Batavia Pers

Mar’at, Samsunuwiyati. 2008. Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: PT Refika Aditama.

Mohammad Surya. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pendidikan. Bandung: Pustaka Bani Quraily

Prawitasari, J.E, Martani, W, Adiyanti, M.G. 1995. Konsep Emosi Orang Indonesia: Pengungkapan dan Pengartian emosi Melalui Komunikasi Nonverbal di Masyarakat yang Berbeda Latar Budaya. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitar Gajah Mada

Singer, Kurt, 1973. Membina Hasrat Belajar di Sekolah,(diterjemahkan oleh: Bergman Sitorus). Bandung: Remadja Karya

Soegeng Prijodarminto. 1992. Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta : PT. Pradnya Paramita

Sudjana. 2005. Teknik Analisis dan Korelasi Bagi Peneliti. Bandung: Tarsito

Suharsimi Arikunto. 1990. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Suprapti. 2006. Hubungan antara kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Surakarta. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Suprastyono, D.N.R. 2012. Hubungan antara Kedisiplinan Belajar dengan Kemampuan Kognitif Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Surakarta. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta .

Suradi. 2011. Pentingnya Penerapan Disiplin Siswa di SMK Negeri 1 Mesuji Raya. smkn1mesujiraya.blogspot.com (Diakses 20 Juni 2014 pukul 20.14WIB)

Suyadi Prawirosentono.1999. Manajemen Sumber Daya Manusia : Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE

Sutrisno Hadi. 1995. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset

Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta. Rineka cipta

Udin S. Winataputra. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka

Wahyuningsih, A.S. 2003. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Akutansi Siswa Kelas XI SMU Lab school. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta .

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo

Winkel, W.S. 1997. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.