ANALISIS MISKONSEPSI MATERI HUKUM GRAVITASI NEWTON PADA BUKU AJAR FISIKA SMA KELAS XI SEMESTER GASAL KURIKULUM KTSP

Nurul Hudha

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui ada tidak adanya miskonsepsi pada materi Hukum Gravitasi Newton pada buku ajar Fisika untuk SMA Kelas XI oleh Marthen Kanginan yang diterbitkan oleh Erlangga tahun 2006, buku ajar Sains Fisika 2SMA/MA oleh Hari Subagya dan Agus Taranggono yang diterbitkan oleh Bumi Aksara dan buku ajar Physics Bringing Science to Your Life SMA/MA oleh Zaki Su’ud penerbit Bailmu tahun 2011 serta mengidentifikasi indikasi lainnya yang berpotensi menimbulkan miskonsepsi dalam materi Hukum Gravitasi Newton. Penelitian penyusunan instrumen penilaian menggunakan pendekatan kualitatif. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini adalah pembenaran dari miskonsepsi yang ada pada buku ajar yang diteliti. Penelitian ini melalui 4 tahapan yaitu: (1) tahap pengumpulan data, (2) tahap reduksi data, (3) tahap penyajian data, dan (4) tahap penarikan kesimpulan.  Sumber data pada penelitian ini terdiri dari  ahli pada materi Hukum Gravitasi Newton, buku  sebagai studi pustaka penelitian dan 3 buah buku ajar  sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi teknik penelitian analisis miskonsepsi. Simpulan dari penelitian penyusunan ini adalah: persentase miskonsepsi konsep Hukum Gravitasi Newton dalam buku ajar pada buku pertama adalah 0%, buku kedua 0%, dan buku ketiga adalah 0%. Indikasi lain yang berpotensi menimbulkan miskonsepsi, dalam buku ajar pertama terdapat 4 buah yang terdiri dari: 1 konsep tidak lengkap, 1 penulisan notasi perlu perbaikan, 1langkah perhitungan perlu perbaikan, dan 1 penulisan satuan perlu perbaikan. Dalam buku ajar kedua terdapat 3 indikasi lain yang dapat menimbulkan miskonsepsi yang terdiri dari: 2 penulisan notasi perlu perbaikan, dan 1 gambar perlu perbaikan. Dalam buku ajar ketiga terdapat 3 indikasi lain yang dapat menimbulkan miskonsepsi yang terdiri dari:  2 penulisan notasi perlu perbaikan, dan 1 gambar perlu perbaikan.

Keywords

KTSP; miskonsepsi; Hukum Gravitasi Newton

Full Text:

PDF

References

Andi D., Trustho R., Edy W. 2010. Identifikasi Miskonsepsi dalam Buku Ajar Fisika SMA Kelas X Semester Gasal. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF) Vol 1 No 1. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Dewi Oktofa Rachmawati. 2003. Implementasi Strategi Siklus Belajar Empiris Induktif dengan Bahan Ajar sebagai Upaya untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar siswa Kelas I SLTP 6 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja No. 1 Tahun XXXVI. Singaraja : IKIP Negeri Singaraja

Douglas, C.G. (1999). Fisika. Jilid kesatu edisi kelima yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Euwe van den Berg. 1991. Miskonsepsi Fisika dan Remidiasi. Salatiga : Universitas Kristen Satya Wacana

Fadhillah Prastiwi. 2011. Analisis Miskonsepsi Buku Sekolah elektronik (BSE) Fisika SMA Kelas X Materi Semester I. Skripsi tidak dipublikasikan. Surakarta : Universitas Sebelas Maret

Fakhruddin, A & Y. Rahmi. (2012). Analisis Penyebab Miskonsepsi Siswa pada Pelajaran Fisika di Kelas XII SMA/MA Kota Duri. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Riau. VoL. 3 No. 1. Riau : Universitas Riau

Haris Ady S. 2011. Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Listrik Dinamis Kelas X SMA Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi tidak dipublikasikan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Kanginan, Marthen. 2007. Fisika untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Erlangga

Paul, S. (2005). Miskonsepsi & Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22, 23, dan 24 Tahun 2006 tentang KTSP

Prayitno. 2009. Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Serway, J. (2004). Fisika untuk Sains dan Teknik. Edisi keenam yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Jakarta: Salemba Teknik.

Subagya, Hari dkk. 2007. Sains Fisika 2 SMA/MA. Jakarta : Bumi Aksara

Su’ud, Zaki. 2010. Physics Bringing Science to Your Life SMA/MA. Jakarta : Bailmu

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Telaah buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung : Angkasa

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imperial Bhakti Utama.

Tipler, P.A., Mosca, G. (2008). Physics for Scientists and Engineers. (Diterjemahkan oleh: Lea Prasetio dan Rahmad W. Adi). Jakarta: Erlangga.

Vanden Berg, E., Vanden Berg, R., Wahyuningsing, C.S.A., Boko, K.S., Van Huis, C., Katu, N. et al. (1991). Miskonsepsi Fisika dan Remidiasi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.