ANALISIS MISKONSEPSI BESARAN DAN SATUAN PADA BUKU AJAR FISIKA SMA KELAS X

Alex Gandung Prabowo, sukarmin sukarmin, Dyah Fitriana Masithoh

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui ada atau tidak adanya miskonsepsi pada materi Besaran dan Satuan, (2) mengetahui persentase miskonsepsi pada materi Besaran dan Satuan, dan (3) mengidentifikasi keterangan lain yang berpotensi menimbulkan miskonsepsi Besaran dan Satuan yang terdapat dalam: (a) buku ajar Fisika I yang diterbitkan oleh YW tahun 2013, (b) buku ajar Fisika II yang diterbitkan oleh ER tahun 2013, dan (c) buku ajar Fisika III yang diterbitkan oleh YU tahun 2013. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah materi Besaran dan Satuan di dalam ketiga buku ajar Fisika kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan wawancara kepada tim ahli Fisika untuk mendapatkan konsep yang benar. Keabsahan data ditentukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat miskonsepsi Besaran dan Satuan dalam buku ajar yang diteliti yaitu konsep Dimensi pada buku I dan Aturan Angka Penting pada buku III, sedangkan pada buku II tidak ditemukan adanya miskonsepsi Terdapat miskonsepsi Besaran dan Satuan dalam buku ajar yang diteliti yaitu konsep Dimensi pada buku I dan Aturan Angka Penting pada buku III, sedangkan pada buku II tidak ditemukan adanya miskonsepsi; (2) besarnya persentase miskonsepsi Besaran dan Satuan dalam buku ajar yang diteliti sebanyak 9,09 % pada buku I, 0 % pada buku II, dan 11,11 % pada buku III; (3) terdapat identifikasi keterangan lain yang berpotensi menimbulkan miskonsepsi pada buku ajar yang diteliti yaitu dalam penulisan rumus dan keterangannya sebanyak 1 temuan, penggunaan contoh dan ilustrasi sebanyak 4 temuan, relevansi konsep sebanyak 1 temuan, dan kesalahan pengetikan sebanyak 8 temuan.

Keywords

miskonsepsi; buku ajar Fisika; Besaran dan Satuan

Full Text:

PDF

References

Desi, Andy Y.M. (2011). Identifikasi Miskonsepsi dalam Buku Ajar Fisika SMA Kelas X Semester Gasal. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Fadhillah, Nur. (2012). Analisis Miskonsepsi Buku Physics For Senior High School Year X (Bilingual) Karangan Purwoko Dan Fendi Pada Materi Semester Iskripsi . Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Prastiwi, F. (2011). Analisis Miskonsepsi Buku Sekolah Elektronik (BSE) Fisika SMA Kelas X Materi Semester I. Skripsi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Sudjana, Nana. (2012). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Serway & Jewett. (2009). Fisika untuk Sains dan Teknik. Edisi keenam yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Jakarta: Salemba Teknika.

Suparno, Paul. (2005). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.

Tipler, Paul A. (1998). FISIKA Untuk Sains dan Teknik Jilid 1 (Terjemahan). Jakarta : Erlangga.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.