METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI BIOLOGI KELAS VIII-A PESERTA DIDIK SMP MTA GEMOLONG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Rini Rahmawati

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran IPA pada materi Biologi. Tujuan penelitian ini adalah dengan metode Numbered Heads Together (NHT) dengan menggunakan media puzzle dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi untuk merencanakan tindakan berikutnya. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian adalah penerapan metode Numbered Heads Together (NHT) dengan menggunakan media puzzle. Metode Numbered Heads Together (NHT)  merupakan variasi dari diskusi kelompok, dimana setiap siswa mendapatkan nomor yang berbeda dalam satu kelompoknya tetapi memiliki nomor yang sama dengan kelompok lain. Nomor-nomor tersebut akan dipanggil secara acak untuk menjawab hasil diskusi kelompoknya. Media Puzzle sebagai media pembelajaran yang digunakan untuk memperoleh permasalahan yang akan di diskusikan dalam kelompoknya. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMP MTA Gemolong. Data diperoleh melalui observasi, angket sintak pembelajaran. Teknik analisis data kualitatif. Validasi data dengan menggunakan teknik tringulasi metode yaitu lembar observasi dan angket sintak pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Numbered Heads Together (NHT) dengan menggunakan media puzzle dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas VIII-A. Peningkatan aktifitas belajar siswa dapat terlihat dari peningkatan prosentasi rata-rata aktifitas belajar siswa pada pra siklus sebesar siswa yang aktif 22,7 % sedang yang tidak aktif dengan berbagai factor 77,3% sedangkan pada siklus I diperoleh siswa yang aktif  33,% yang tidak aktif dengan berbagai factor 67 % sedangkan pada siklus II diperoleh siswa yang aktif 55,9% yang tidak aktif dengan berbagai factor 44,1%. Dari hasil penelitian tindakan kelas melalui penggunaan metode Numbered Heads Together (NHT) dengan menggunakan media puzzle pada siklus I dan siklus II dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan Numbered Heads Together (NHT) dengan menggunakan media puzzle dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas VIII-A pada pembelajaran IPA pada materi Biologi

Keywords

Numbered Heads Together (NHT), Media puzzle, aktifitas belajar siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.