PENERAPAN MODEL GENERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI KEPERAWATAN SMK KESEHATAN BAKTI INDONESIA MEDIKA NGAWI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Desi Nuzul Agnafia

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar biologi dengan penerapan model generative learning pada siswa kelas XI Keperawatan SMK Kesehatan BIM Ngawi tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Pelaksanaan terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Keperawatan SMK Kesehatan BIM Ngawi tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 orang. Sumber data berasal dari informasi guru dan siswa, tempat dan peristiwa berlangsungnya kegiatan pembelajaran, serta dokumentasi. Teknik pengumpulkan data meliputi angket, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model generative learning dapat meningkatkan motivasi belajar biologi siswa. Peningkatan motivasi belajar biologi siswa dapat dilihat melalui hasil angket dan observasi. Rata-rata nilai persentase capaian setiap indikator dari angket motivasi belajar biologi siswa pada pra siklus sebesar 69,40%, pada siklus I sebesar 73,99%, dan pada siklus II sebesar 80,53%. Rata-rata nilai persentase capaian setiap indikator dari observasi motivasi belajar biologi siswa pada pra siklus adalah 47,61%, pada siklus I sebesar 65,57% dan pada siklus II sebesar 80,8%.

Keywords

Generative Learning, Motivasi belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.