PENGGUNAAN BOLA MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLAVOLI MINI MATERI PASSING BAWAH PADA SISWA KELAS V SDN 2 TANJUNGSARI, KRADENAN, GROBOGAN, TAHUN 2018

Ngadi Ngadi

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktifitas dan  hasil belajar permainan bolavoli mini materi passing bawah pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Tanjungsari, Kradenan, Grobogan, Tahun Pelajaran 2017/2018melalui media pembelajaran bola berekor. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 2 Tanjungsari, Kradenan, Grobogan, Tahun Pelajaran 2017/2018  yang berjumlah 30 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan berkolaborasi dengan guru penjasorkes serta melibatkan partisipasi Kepala Sekolah dan peserta didik, yakni peserta didik kelas V. Prosedur penelitian meliputi tahap : (1) Identifikasi masalah, (2) Persiapan (3) Penyusunan rencana tindakan, (4) Implementasi tindakan, (5) Pengamatan, (6) Penyusunan laporan. Proses penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yakni : (1) Perencana tindakan, (2) Pelaksana tindakan, (3) Observasi dan interpretasi, (4) analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan : 1. Dengan menggunakan bola modifikasi dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar  dalam  pembelajaran bolavoli mini materi passing bawah  pada siswa kelas V SD Negeri 2 Tanjungsari, Kradenan, Grobogan, Tahun 2018.

Keywords

Bola Modifikasi, Aktifitas, Hasil Belajar, Passing Bawah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.