PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK-PAIR-SHARE PADA SISWA KELAS VIII-E SMP NEGERI 4 TULAKAN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Gunawan Gunawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan alam melalui pembelajaran kooperatif pada model Think-Pair-Share di kelas VIII. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII-E di SMP Negeri 4 Tulakan yang terdiri dari 27 siswa. Penelitian dilaksanakan di bulan Oktober-Nopember semester 1 Tahun Pelajaran 2016-2017. Teknik pengumpulan data dari model pembelajaran tutor sebaya berupa: 1) hasil observasi selama proses pembelajaran; 2) dokumentasi foto-foto aktifitas guru dan siswa selama proses pebelajaran berlangsung, sedangkan data hasil belajar IPA diperoleh dari hasil tes yang dilaksanakan di setiap akhir KD. Langkah-langkah inti pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share yang dapat meningkatkan hasil belajar IPS tersebut adalah dengan langkah-langkah sebagai berikut: pada kegiatan pendahuluan dilakukan orientasi kelas secara lisan dan tertulis oleh guru; pembentukan pasangan secara heterogen; dengan kegiatan inti. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share berhasil meningkat hasil belajar IPA dengan persentase ketuntasan mula-mula sebesar (13/27) 48%, meningkat manjadi  (18/27) 67% pada siklus I dan (22/27) 81% pada siklus II. Dengan pembelajaran pembelajaran  kooperatif metode  Think-Pair-Share  siswa lebih santai belajar bersama pasangannya karena tidak merasa didominasi guru.

Keywords

aktif dalam pembelajaran, ketuntasan belajar, kooperatif model Think-Pair-Share

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.