MENINGKATKAN INTEGRITAS BERBASIS ECOMAPPING BAGI GURU IPA SMP NEGERI 11 SURAKARTA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Diah Pitaloka Handriani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan integritas guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP Negeri 11 Surakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2016-2017 berbasis ecomapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan dasar yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan integritas pada supervisi akademik aspek kelengkapan administrasi pembelajaran pada siklus I sebesar 75,95 dan 89,38 pada siklus II. Pengembangan silabus pada siklus I sebesar 81,25 dan 86,25 pada siklus II. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I 81,67 dan 89,67 pada siklus II. Kegiatan pembelajaran 80,25 pada siklus I dan 84,75 pada siklus II, sedangkan kelengkapan administrasi penilaian pada siklus I 73,89 dan 87,78 pada siklus II. Hasil wawancara guru IPA dapat disimpulkan bahwa pemodelan kepala sekolah dan diskusi teman sejawat berbasis ecomapping dalam kegiatan supervisi akademik dapat meningkatkan integritas guru. Kesimpulan penelitian ini adalah integritas guru IPA SMP Negeri 11 Surakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2016-2017 dapat meningkat dengan berbasis ecomapping.

 

Keywords

integritas, ecomapping, dan supervisi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.