PENINGKATAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PERCOBAAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI “PENTAS DISKOTEK” (PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN TEKNIK DISCOVERI) POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS PADA SISWA KELAS IX C SEMESTER 1 SMP NEGERI 3 PURWAREJA KLAMPOK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Suprapto Suprapto

Abstract

Kemampuan melakukan percobaan di SMP Negeri 3 Purwareja Klampok masih rendah, hanya 3 siswa atau 12,5% yang memiliki kemampuan melakukan percobaan tinggi dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam nilai rata-rata baru 68,40%. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melakukan percobaan dan prestasi belajar. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi dan metode tes. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pada siklus I ; Kemampuan melakukan percobaan dan prestasi  belajar IPA siswa kelas IX C SMP Negeri 3 Purwareja Klampok mengalami peningkatan dibandingkan pencapaian  konsep kemampuan awal. Nilai rata-rata kelas pra siklus sebesar 68,40%. Pada siklus I nilai rata-rata 75,56%. Pada siklus II nilai rata-rata 82,92%. Dapat disimpulkan rata-rata nilai mengalami kenaikan dari 68,40% menjadi 82,92% atau mengalami kenaikan sebesar 14,52%. Hasil perolehan nilai ketuntasan belajar siswa Pra siklus sebesar 29,17%. Siklus I sebesar 66,67% sedangkan siklus II sebesar 83,33% atau mengalami kenaikan sebesar 54,16%.  Pada kemampuan melakukan percobaan siswa diperoleh prosentase capaian pada Pra siklus 4,04%, pada siklus I adalah 6,81% dan meningkat pada siklus II menjadi 8,27% atau mengalami kenaikan sebesar 4,23%. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa pendekatan Saintifik dan teknik Discoveri dapat meningkatkan Kemampuan melakukan percobaan dan Prestasi belajar IPA siswa kelas IX C SMPN 3 Purwareja Klampok tahun pelajaran 2017/2018.

Keywords

Kemampuan Melakukan Percobaan, Prestasi Belajar dan Pendekatan Saintifik dan Teknik Discovery.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.