PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA TENTANG PERPINDAHAN PANAS MELALUI PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN

Sutanti Sutanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan aktivitas kelas melalui penggunaan “Metode Eksperimen” pada kompetensi dasar tentang Perpindahan Panas pada siswa kelas V SDN I Getasrejo kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan.Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri  I Getasrejo. Pembelajaran IPA di kelas tempat peneliti mengajar yaitu tentang Perpindahan panas  menunjukkan tingkat penguasaan materi sangat rendah, yaitu dari 34 siswa terdapat 10 anak yang mendapat nilai ≥ 70 sedang 24 siswa mendapat niali ≤ 70. Dapat disimpulkan  bahwa hanya 25% siswa dapat mencapai KKM dan 75% belum mencapai KKM. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang dalam pelaksanannya dibantu dengan teman sejawat dan supervisor. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa hasil belajar IPA meningkat dengan penggunaan metode eksperimen. Hal ini tidak hanya ditandai dengan meningkatnya nilai yang dicapai oleh siswa saja, tetapi ditunjukkan pula aktivitas kelas menjadi lebih hidup, menyenangkan dan aktif.

Keywords

hasil belajar IPA, metode eksperimen, siswa kelas V

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.