PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BERBAHAN LIMBAH KORFUS PESERTA DIDIK KELAS VIII G SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016 DI SMPN 1 TAWANGHARJO

Erna Sulistianingrum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII G pada penggunaan alat peraga berbahan limbah korfus di SMPN 1 Tawangharjo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dimana setiap siklus meliputi tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi (Kurt Lewin, dalam Kusuma, 2009). Penelitian ini dilakukan di kelas VIIIG Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016 di SMPN 1 Tawangharjo yang melibatkan 38 peserta didik terdiri atas 22 orang laki-laki dan 16 orang perempuan, serta berkolaborasi dengan 1 kolega sejawat guru mata pelajaran IPA sebagai observer. Data penelitian meliputi: 1) aktivitas belajar meliputi 4 indikator (ketertarikan terhadap pelajaran, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, dan berinteraksi dalam kelompok; dan 2) Hasil belajar berupa nilai tes setelah pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan teknik tes (tes tertuluis) dan non-tes (observasi dan wawancara). Data selanjutnya dianalisis secara deskritif kualitatif berupa sajian persentase data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terjadi peningkatan nilai rata-rata aktivitas belajar pada Pra-Siklus (18,42%), Siklus I (41,45%), Siklus II (67,76%); 2) Terjadi peningkatan nilai rata-rata nilai rata-rata hasil belajar pada Pra-Siklus (60,00), Siklus I (69,00), Siklus II (74,00). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII G Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016 di SMPN 1 Tawangharjo pada penggunaan alat peraga berbahan limbah korfus

Keywords

aktivitas belajar, hasil belajar, alat peraga berbasis limbah korfus, sistem transportasi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.