Penerapan Model Project-based Learning Blended Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Konsentrasi Keahlian Siswa Kelas XI SMK Ganesha Tama Boyolali

Umar Abdan Syakuro, Roemintoyo Roemintoyo, Sukatiman Sukatiman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Capaian Nilai Siswa sebelum diterapkan PjBL Blended Tutor Sebaya di kelas XI (2) Penerapan PjBL Blended Tutor Sebaya di kelas XI. (3) Capaian Nilai Siswa Setelah Penerapan BjBL Blended Tutor Sebaya pada kelas XI (4) Perbedaan Nilai siswa sebelum dan setelah penerapan PjBL Blended Tutor Sebaya kelas XI DPIB SMK Ganesha Tama Boyolali. Penelitian menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan seluruh populasi sebagai sampel. Data diperoleh melalui observasi dan tes hasil belajar, mencakup tiga aspek: pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai awal siswa: aspek pengetahuan 57, keterampilan 59, dan sikap 58. Setelah perlakuan, rata-rata meningkat menjadi 82 untuk pengetahuan, 77 untuk keterampilan, dan 75 untuk sikap. Model ini memiliki delapan sintak, termasuk pre-test, penentuan kelompok, pelaksanaan proyek, hingga evaluasi. Peningkatan rata-rata pada aspek pengetahuan sebesar 20%, keterampilan 17%, dan sikap 18%, dibuktikan dengan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 (<0,05), menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai sebelum dan sesudah penerapan model PjBL Blended Tutor Sebaya.


Keywords


hasil belajar, model pembelajaran, PjBL, tutor sebaya

Full Text:

PDF
rticle

References


Achdiani, Y., & Rusliyani, D. A. (2017). Pengetahuan keterampilan dasar mengajar dalam menyiapkan guru sekolah menengah kejuruan. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 5(2), 34-43. https://doi.org/10.15294/teknobuga.v5i2.15368

Akhmadi, A. N., & Budhi Hendrawan, A. (2019). Desain Gambar Alat Pelepas Ban Sepeda Motor Dengan Software Autocad. 13(1). http://jurnal.umj.ac.id/index.php/sintek

Bachtiar, Hasan. (2002). Pendidikan Kejuruan di Indonesia. DIKMENJUR.

Dr. Tuti Iriani, M. Si. , & M. Aghpin Ramadhan, M. P. (t.t.). Perencanaan Pembelajaran Untuk Kejuruan. Diambil 13 Maret 2023, dari https://books.google.co.id/book

Hertiavi, M. A., & Kesaulya, N. (2020). Tutor sebaya sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Sarjana Pendidikan Fisika. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 5(1), 28–34. https://doi.org/10.24905/psej.v5i1.17

Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2019). Pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 183-193. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19186

Ramadhan, R., & Sabri, S. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin), 5(2), 242-247. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15194





DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v18i1.94020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Umar Abdan Syakuro

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.