Evaluasi Program Kemitraan antara DUDI dengan SMK Konsentrasi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan di D.I. Yogyakarta

Dhita Pramestya, Herminarto Sofyan

Abstract


Pelaksanaan kemitraan antara DUDI dan SMK sangat penting untuk mempersiapkan lulusan yang berkualitas, siap kerja, dan berdaya saing. Penelitian ini mengevaluasi program kemitraan pada aspek praktik kerja lapangan (PKL), bursa kerja khusus (BKK), dan in-house training (IHT) untuk menganalisis: (1) pencapaian program PKL, BKK, dan IHT pada konsentrasi keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHP) di D.I. Yogyakarta menggunakan model Context, Input, Process, dan Product (CIPP); serta (2) kendala yang dihadapi dalam kemitraan DUDI-SMK. Penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara yang divalidasi melalui expert judgment dan Exploratory Factor Analysis (EFA). Hasil menunjukkan: (1) tingkat pencapaian PKL sebesar 90% (context), 82% (input), 83% (process), dan 91% (product), dengan total 86,50% (kategori sangat baik); (2) tingkat pencapaian BKK sebesar 92% (context), 76% (input), 74% (process), dan 79% (product), dengan total 80,25% (kategori baik); (3) tingkat pencapaian IHT sebesar 91% (context), 92% (input), 89% (process), dan 94% (product), dengan total 91,50% (kategori sangat baik). Kendala meliputi indikator keberhasilan yang belum jelas, kurangnya optimalisasi evaluasi bersama, serta fungsi BKK yang belum maksimal dalam menjembatani lulusan dengan dunia kerja.

Keywords


CIPP, DUDI, evaluasi, kemitraan, SMK

Full Text:

PDF
rticle

References


Afif, M. N., dan Kir H. (2017). Evaluasi Penyelenggaraan Bursa Kerja Khusus (BKK) di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 21(1) : 58 – 70. https://journal.student.uny.ac.id/otomotif-s1/article/view/10187/9751.
Badan Pusat Statistik (BPS). (2023), November 7). Berita Resmi Statistik - Angkatan Kerja Agustus 2023.
Ratna, P. & Sudarwan D. (2023). Manajemen Kemitraan Program Pintar Bersama Daihatsu Di SMK Negeri Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara. Jurnal Manajer Pendidikan, 17(1) : 58-64.
Malik, M. N,, & Hasanah. (2015). Evaluasi Praktik Kerja Industri Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2) : 77-142.
Pambayun, N.A.Y dan Wagiran. (2014). Kinerja Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Negeri Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2) : 246-261.
https://doi.org/10.21831/jpv.v4i2.2550.
Rojaki, M., Happy F., & Alfroki M. (2021). Manajemen Kerja Sama Sekolah Menengah Kejuruan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3): 6337-6349.
Suhartini, T. (2021). In House Training (IHT) Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP Merdeka Belajar. Janacitta, 4(1): 66-76.
https://doi.org/10.35473/jnctt.v4i1.919.
Suwandi, A. & Alex C. (2016). Strategi Link and match Pendidikan Kejuruan dengan Dunia Industri dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa untuk Menghadapi MEA. Seminar Nasional dan Temu Alumni hal 11-24.
Wafi, H.A. (2019). Implementasi Program Kemitraan Sekolah dengan Dunia Usaha di SMK Negeri 2 Depok. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta; Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v18i2.93769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dhita Pramestya

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.