Penerapan Project Based Learning dengan Pendekatan Design Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis serta Skill Barista Siswa SMKN 4 Garut
Abstract
Keywords
References
Agustina, R., Nurba, D., Antono, W., Septiana, R. 2019. Pengaruh Suhu dan Lama Penyangraian Terhadap Sifat Fisik-Kimia Kopi Arabika dan 18 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN, Vol.2, 2022 ©Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Universitas Syiah Kuala - Banda Aceh, 15 September 2022 Robusta. Prosiding Seminar Nasional. Inovasi Teknologi Untuk Masyarakat. 285- 299.
Alam, I., Warkoyo, W., & Siskawardani, D. D. (2022). Karakteristik Tingkat Kematangan Buah Kopi Robusta (Coffea canephora A. Froehner) dan Buah Kopi Arabika (Coffea arabica Linnaelus) Terhadap Mutu dan Cita Rasa Seduhan Kopi. Food Technology and Halal Science Journal, 5(2), 169-185.
https://doi.org/10.22219/fths.v5i2.21925.
Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Ejournal UPI, 19(2), 213- 226.
https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44226.
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).
Hasso Plattner Institute of Design. (2018). An introduction to design thinking process guide.
Hikmah, M. (2020). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar pemrograman dasar siswa. Jurnal teknodik, 27- 38.
https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.376.
Ily, E. (2002). The complexity of coffee. Scientific American, 286(6), 86-91.
https://doi.org/10.1038/scientificamerican0602-86.
Illy, E., & Navarini, L. (2011). Neglected food bubbles: The espresso coffee foam. Food biophysics, 6(3), 335-348.
https://doi.org/10.1007/s11483-011-9220-5.
Ishwarya S, P., & Nisha, P. (2021). Unraveling the science of coffee foam-a comprehensive review. Critical Reviews in Food Science and Nutrition, 61(10), 1704-1724.
https://doi.org/10.1080/10408398.2020.1765136.
Kijima, R., Yang-Yoshihara, M., & Sadao Maekawa, M. S. (2021). Using Design thinking to Cultivate the Next Generation of Female STEAM Thinkers. International Journal of STEM Education, 8, Article No. 14.
https://doi.org/10.1186/s40594-021-00271-6.
Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dan akibat memanipulasinya.
Mulato, S & Suharyanto, E. (2012). Kopi, Seduhan dan Kesehatan. Jember, Indonesia: Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia.
Nilsson, G. 2015. Microstructure of instant coffee foam: Confocal microscopy method development and production related parameters affecting foam kinetics. MSc thesis, Chalmers University of Technology, Gothenburg, Sweden.
Nurwati, N., & Hasdar, M. (2021). Sifat organoleptik kue brownies dengan penambahan rumput laut (Eucheuma cottonii). Journal of Food Technology and Agroindustry, 3(2), 69-75.
Pamungkas, M. T., Masrukan, M., & Kuntjahjawati, S. A. R. (2021). Pengaruh suhu dan lama penyangraian (roasting) terhadap sifat fisik dan kimia pada seduhan kopi arabika (coffea arabica l.) dari Kabupaten Gayo, Provinsi Aceh. Agrotech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pertanian, 3(2), 1-10. https://doi.org/10.37631/agrotech.v3i2.278.
Rahayu, Arinda Putri. (2023). Uji Sensori Kopi Robusta berdasarkan Variasi Suhu dan Lama Penyangraian (Studi Kasus Perusahaan Umum Daerah 116 Perkebunan Kahyangan Kebun Sumber Wadung). Journal of Agrotechnology Sciense.
Rahman, M. H., Iriani, T., & Widiasanti, I. (2020). Analisis ranah psikomotor kompetensi dasar teknik pengukuran tanah kurikulum SMK teknik konstruksi dan properti. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 53-63.
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.23022.
Rerung, N., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47-55.
https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597.
Riti, Y. U. R., Degeng, I. N. S., & Sulton, S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Menerapkan Metode Design thinking untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(10), 1581-1587
https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i10.15056.
Sándorová, Z., Repáňová, T., Palenčíková, Z., & Beták, N. (2020). Design Thinking-A Revolutionary New Approach in Tourism Education. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 26, 100238.
https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2019.100238.
Saleh, S. (2020). Identifikasi kadar air, tingkat kecerahan dan citarasa kopi robusta dengan variasi lama perendaman. Jurnal Teknologi Pangan Dan Ilmu Pertanian (JIPANG), 2(1), 41-48.
https://doi.org/10.36526/jipang.v2i1.1215.
Saleh, S. A., Ulfa, R., & Setyawan, B. (2020). Identifikasi kadar air, tingkat kecerahan dan citarasa kopi robusta dengan variasi lama perendaman. Jurnal Teknologi Pangan dan Ilmu Pertanian, 2(1), 41-48. https://doi.org/10.36526/jipang.v2i1.1215.
Setiawan, F., Nilda, C. dan Muzaifa, M. (2023) Profil Sensori Kopi Arabika Gayo Menggunakan Metode V60.
Tarigan, E., Pranowo, D., Iflah, T., 2015. Tingkat Kesukaan Konsumen Terhadap Kopi Campuran Robusta Dengan Arabika. J. Teknol. Dan Ind. Pertan. Indones. 7, 12-20.
https://doi.org/10.17969/jtipi.v7i1.2828.
Tari, W., Safrizal, S., & Fadhil, R. (2022). Evaluasi Sensori Kopi Arabika Gayo Berbagai Varietas berdasarkan Proses Pengolahan Basah dan Semi Basah menggunakan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 7(2), 601-611.
https://doi.org/10.17969/jimfp.v7i2.20115.
Towaha, J., & Rubiyo, R. (2016). Mutu fisik biji dan citarasa kopi arabika hasil fermentasi mikrob probiotik asal pencernaan luwak. J. Tanam. Ind. dan Penyegar, 3(2), 61.
https://doi.org/10.21082/jtidp.v3n2.2016.p61-70.
Trisdiono, H. (2019). Multidisciplinary Integrated Project-based Learning to Improve Critical Thinking Skills and Collaboration. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research Vol. 18, No. 1, pp. 16-30, January 2019.
https://doi.org/10.26803/ijlter.18.1.2.
Trisdiono, H. (2019). Multidisciplinary Integrated Project-based Learning to Improve Critical Thinking Skills and Collaboration. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research Vol. 18, No. 1, pp. 16-30, January 2019.
https://doi.org/10.26803/ijlter.18.1.2.
Widyasari, A., Warkoyo, W., & Mujianto, M. (2023). Pengaruh Ukuran Biji Kopi Robusta pada Kualitas Citarasa Kopi. Jurnal Agro Industri Perkebunan, 1- 14.
https://doi.org/10.25181/jaip.v11i1.2602.
DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v18i2.93446
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Destia Mega Al Hartawan, Sri Handayani, Farhan Ilham Wira Rohmat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.