Pengembangan Media Pembelajaran Gamifikasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Elemen Olahan Hasil Hewani
Abstract
Pengembangan media pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMK PPN Tanjungsari pada materi elemen olahan hasil hewani. Penelitian ini bertujuan mengkaji kelayakan media pembelajaran gamifikasi pada materi hasil ternak unggas, keterlaksanaan pembelajaran, motivasi, serta hasil belajar kognitif dan afektif siswa. Media pembelajaran gamifikasi berbasis Power Point yang terintegrasi dengan Classpoint dikembangkan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dan diterapkan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI APHP 1 SMK PPN Tanjungsari tahun ajaran 2023-2024. Hasil validasi menunjukkan media pembelajaran ini “sangat layak”. Keterlaksanaan pembelajaran masuk kategori “sangat baik” di kedua siklus. Motivasi siswa meningkat dari “tinggi” pada siklus I menjadi “sangat tinggi” pada siklus II. Hasil belajar kognitif meningkat dari “tinggi” pada siklus I menjadi “sangat tinggi” pada siklus II, sementara hasil belajar afektif meningkat dari “baik” menjadi “sangat baik”. Media pembelajaran gamifikasi ini efektif meningkatkan motivasi serta hasil belajar kognitif dan afektif siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fabel dengan Macromedia Flash Bagi Siswa SMP. Doctoral dissertation, State University of Malang.
Salsabila, F. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI APHP. Universitas Pendidikan Indonesia: Skripsi.
Sani, M. (2016). Kegiatan Menutup Pelajaran. Journal of Accounting and Business Education, 1(3), 48-58.
https://doi.org/10.26675/jabe.v1i3.6031
Setiawati, E., Rahayu, H. M., & Setiadi, A. E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Pada Materi Animalia Kelas X SMAN 1 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4, (1), 47-57
https://doi.org/10.29406/522
Setiyanto, S. (2023). Pandangan Mahasiswa Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Dokumentasi Kebidanan menggunakan Classpoint. Journal of Innovation and Future Technology (IFTECH), 5(1), 69-78.
https://doi.org/10.47080/iftech.v5i1.2463
Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiarti, T. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT pada Pembelajaran Materi Sistem Koordinasi. DWIJALOKA: Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(2), 252-258.
Sulistiyorini. & Fathurrohman, M. (2016). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Sundari, D. H., Iskandar, I., & Muhlis, M. (2021). Penerapan Media Presentasi Classpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 1-9.
Winarji, B. et al., (2018). Model Gamifikasi dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C Daring. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v18i2.92714
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Andini Shafa Akhmadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.