Analisis Tingkat Employability Skills Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 4 Sukoharjo

Fauzan Danny Maulana Irfansyah, Valiant Lukad Perdana Sutrisno, Ngatou Rohman

Abstract


Pengangguran di Indonesia masih cukup banyak, salah satu faktor penyebab pengangguran yaitu pekerja yang kurang menguasai keahlian. Salah satu keahlian pada zaman sekarang ini yaitu disebut dengan employability skills. Data tracer study di SMK Negeri 4 Sukoharjo masih banyak lulusan yang belum bekerja. Penelitian ini mempunyai tujuan (1) Mengetahui tingkat penguasaan employability skills dari siswa kelas XII kompetensi keahlian Teknik Mesin SMK Negeri 4 Sukoharjo; (2) Mengetahui penerapan employability skills kepada siswa kelas XII kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 4 Sukoharjo. Pada penelitian ini menggunakan mixed method yang merupakan penelitian gabungan. Pengambilan sampel yaitu total sampling dan purposive sampling. Pengumpulan data yaitu menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Validitas instrumen menggunakan uji validitas isi dan konstruk serta triangulasi data untuk memastikan data absah. Teknik analisis menggunakan kriteria penilaian dan data reduksi data. Hasil dari penelitian menunjukkan tingkat penguasaan dan penerapan employability skills berdasarkan dari 11 indikator. Hasilnya 8 indikator pada kategori tinggi dan 3 indikator pada kategori sangat tinggi. Hasil dari wawancara dan observasi menyatakan siswa telah memiliki tingkat penguasaan employability skills yang baik.

Keywords


employability skills, ketrampilan abad 21, teknik pemesinan

Full Text:

PDF
rticle

References


Ayuningtyas, N. N. (2019). Pengaruh Inflasi dan Pertumbuhan Penduduk terhadap Tingkat Pengangguran di Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman, 1– 12., https://doi.org/10.29264/jiem.v3i4.3790
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar.
BPS. (2023). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2023 (Issue 77). https://www.bps.go.id/id/pressrelease/202 3/11/06/2002/tingkat-pengangguran- terbuka--tpt--sebesar-5-32-persen-dan- rata-rata-upah-buruh-sebesar-3-18-juta- rupiah-per-bulan.html
BPS. (2023). Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan, 2021- 2022. https://www.bps.go.id/id/statistics- table/2/MTE3OSMy/tingkat- pengangguran-terbuka-berdasarkantingkat-pendidikan.html
Darmawang. (2019). Faktor Employability Skills (E. Ramli (ed.); 1st ed.). Global Research and Consulting Institute (Global-RCI). http://eprints.unm.ac.id/31707/1/1. Buku_Faktor Employ Ability Sklls x.pdf
Hadju, V. A., Gorontalo, U. N., Aulia, U., & Gorontalo, U. N. (2022). Desain Penelitian Mixed Method (N. Saputra (ed.); 1st ed., Issue November). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini Anggota IKAPI (026/DIA/2021).
Hardiman, & Hasanah. (2021). Analisis Tingkat Employability Skills Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Makassar pada Era Revolusi Industri 4.0. Eprints Repository Sofware Universitas Negeri Makassar,8. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19815
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003).
Ishak, K. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengangguran dan Inflikasinya terhadap Indek Pembangunan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 7(1), 10. https://www.ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/iqtishaduna/article/view/121
Mendrofa, N. K., & Mendrofa, R. N. (2021). Analisis Kemampuan Problem Solving pada Materi Program Linear Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Gunungsitoli Alooa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 431–435. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3800
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. In R. Holland (Ed.), CEUR Workshop Proceedings (Vol. 2). SAGE Publication.
Misbachuddin, H. R., & Suwito, D. (2023). Minat Siswa Teknik Pemesinan terhadap Perguruan Tinggi, Dunia Kerja, dan Wirausaha di SMK Negeri 1 Kediri. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 12(2), 123–131. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurn al-pendidikan-teknik mesin/article/view/5 3089
Puspitasari, W. D., & Febrinita, F. (2021). Pengujian Validasi Isi (Content Validity) Angket Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Matakuliah Matematika Komputasi. Journal Focus Action of Research Mathematic, 4(1), 77– 90. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3254
Seprinaldi, D. (2023). Analisis Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan Sikap Siswa pada Praktek Kerja Pengelasan di SMK N 4 Takengon. Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research, 1(02), 43–50. https://doi.org/10.61683/jome.v1i02.45
Siraj, Dabet, A., Syahputra, A., Marwan, Fajriana, & Nasrah, S. (2022). The Effect of Work Preparation Sheet Learning Media on Learning Outcomes of Turning Practice into Machining Practice in Vocational High Schools. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Kebudayaan, 9(1), 100–115. 10.32505/tarbawi.v9i1.4232
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (22nd ed.). Alfabeta Bandung.
Tri, K. (2017). Implementasi Employability Skill pada SMK Progam Keahlian Bisnis Manajemen. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 368–375.
Winaryati. (2019). Action Research dalam Pendidikan (Antara Teori dan Praktek). In M. P. Dr. Eny Winaryati (Ed.), Unimus Press (1st ed., pp. 124–135). UNIMUS PRESS.
Worldometers. (2024). Current World Population. Worldometers.Info.




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v18i2.92697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fauzan Danny Maulana Irfansyah, Valiant Lukad Perdana Sutrisno, Ngatou Rohman

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.