Pengambangan Video Pembelajaran Revit sebagai Bahan Belajar Aplikasi Pemodelan Bangunan Berbasis BIM

Naufal Abdul Fattah Ruhiyat, Abdul Haris Setiawan, Sukatiman Sukatiman

Abstract


BIM (Building Information Modeling) merupakan teknologi yang berguna dalam membuat proses pekerjaan lebih efektif dan efisien pada industri konstruksi. Terdapat berbagai macam cara mengadopsi teknologi ini, salah satunya memanfaatkan platform software berbasis BIM seperti Autodesk Revit. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu masih sedikit praktisi yang menggunakan BIM di Indonesia dan belum adanya pembelajaran Revit dan BIM dalam perkuliahan di Prodi Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) Universitas Sebelas Maret (UNS). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) Mengetahui hasil pengembangan video pembelajaran Revit sebagai bahan belajar pemodelan bangunan berbasis BIM, dan (2) Menganalisis hasil kelayakan video pembelajaran Revit sebagai bahan belajar pemodelan bangunan berbasis BIM. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development (R&D) level 1. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu terciptanya video pembelajaran Revit sebagai bahan belajar pemodelan bangunan berbasis BIM. Hasil penilaian kelayakan rancangan produk video pembelajaran Revit oleh ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 84% dikategorikan sangat layak, dan penilaian dari mahasiswa PTB UNS memperoleh nilai rata-rata 84% dikategorikan sangat layak.

Keywords


autodesk revit, pemodelan bangunan sederhana, video pembelajaran

Full Text:

PDF
rticle

References


Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50-58.
https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72
Alti, R. M., Anasi, P. T., Silalahi, D. E., Fitriyah, L. A., Hasanah, H., Akbar, M. R., Arifianto, T., Kamaruddin, I., Malahayati, E. N., Hapsari, S., Jubaidah, W., Yanuarto, W. N., Agustianti, R., & Kurniawan, A. (2022). Media Pembelajaran. PT. Global Eksekutif Teknologi.
Ananda, R., & Amiruddin, A. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Anjar Primasetra, S. T. (2020). Buku Ajar Dasar-Dasar Building Information Modeling Menggunakan Software Revit. Pelita Medika.
Davies, R. J., Pratama, M. M. A., & Yusuf, M. (2018). BIM Adoption Towards The Sustainability of Construction Industry in Indonesia. MATEC Web of Conferences, 195, 06003.
https://doi.org/10.1051/matecconf/201819506003
Hatmoko, J. U. D., Fundra, Y., Wibowo, M. A., & Zhabrinna. (2019). Investigating Building Information Modelling (BIM) Adoption in Indonesia Construction Industry. MATEC Web of Conferences, 258, 02006.
https://doi.org/10.1051/matecconf/201925802006
Hutama, H. R., & Sekarsari, J. (2018). Analisa Faktor Penghambat Penerapan Building Information Modeling dalam Proyek Konstruksi (The Obstacle Factors in The Implementation of BIM in Construction Projects). Jurnal Infrastruktur
Mieslenna, C. F., & Wibowo, A. (2019). Mengeksplorasi Penerapan Building Information Modeling (BIM) Pada Industri Konstruksi Indonesia Dari Perspektif Pengguna. Jurnal Sosial Ekonomi Pekerjaan Umum, 11(1), 44–58.
Putra, J. S. S. (2017). TIM EJOURNAL Ketua Penyunting. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 3(3), 142–149.
Ramadhan, M. A., & Maulana, A. (2020). Pemahaman Konsep BIM melalui Autodesk Revit bagi Guru SMK Teknik Bangunan se-Jabodetabek. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 47-52.
https://doi.org/10.30656/jpmwp.v4i1.1886
Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Setiami, R., & Maulana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Pada Mata Kuliah Menggambar TeknikDengan Aplikasi Pemodelan Bangunan Sistem BIM. Jurnal PenSil, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/jpensil.v10i1.17013




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v18i2.92632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Naufal Abdul Fattah Ruhiyat

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.