Pengembangan Media Pembelajaran dengan E-module Shielded Metal Arc Welding (SMAW) Siswa Kelas 11 SMK Ganesha Tama Boyolali
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-module yang layak untuk mata pelajaran pengelasan di jurusan Teknik Pemesinan dan Teknik Mekanik Industri SMK Ganesha Tama Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D, meliputi tahap Define, Design, Development, dan Dissemination. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar validasi untuk menguji kelayakan e-module. Penilaian kelayakan dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, serta siswa jurusan terkait. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan hasil penelitian secara sistematis, terukur, dan objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-module yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Nilai kelayakan diberikan oleh ahli media dengan skor rata-rata 3,8, ahli materi 3,9, ahli bahasa 3,3, dan siswa 3,3. Berdasarkan hasil tersebut, e-module ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran pengelasan. Pengembangan e-module ini diharapkan mampu mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif, efisien, fleksibel, dan interaktif di jurusan Teknik Pemesinan dan Teknik Mekanik Industri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hari & Bagas (2019). Pengembangan Video Tutorial Pengelasan SMAW di SMK N 2 Klaten. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Jayanti, A. A., & Dina, D. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Socio-Scientific Issue Dalam Rangka Mendukung Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan Materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi Siswa SMA/MA Kelas XI. Jurnal Riset Pembelajaran Kimia, 9(1), 35-48.
Kurnia, I. R. (2023). Pengembangan Buku Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Karakter Pelajar Pancasila. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 17(1), 214-217. https://doi.org/10.26877/mpp.v17i1.14827
Maya, A. (2023). Pengembangan Media Bimbingan Melalui Aplikasi Berbasis Android Tentang Dampak Negatif Fear Of Missing Out (Fomo) Akibat Penggunaan Media Sosial Pada Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Monoarfa, F. (2023). Instrumen Penilaian Pembelajaran Menulis Menggunakan Jenis Pengembangan Teks Deskripsi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 494-504. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12796
Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan minat belajar akidah akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176-188. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728
Muttaqin, T., & Kurniawan, K. (2021). Pemanfaatan Media Sosial WhatsApp sebagai Media Pembelajaran Kelas VI A dan B di MI Miftahul Huda Jatisari Krenceng Kepung Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(1), 97-125.
Patton, LD (Ed.). (2023). Pusat budaya di pendidikan tinggi: Perspektif tentang identitas, teori, dan praktik. Taylor & Fransiskus.
Solehah, S. R. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMK. Jurnal Education FKIP UNMA, 9(4), 2235-2243.
Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Zainul, R., & Oktavia, B. (2018). Pengenalan dan pengembangan e-module bagi guru- guru anggota MGMP Kimia dan Biologi Kota Padang Panjang. https://doi.org/10.31227/osf.io/yhau2
DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v18i1.89779
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dadang Pratama, Valiant Lukad Perdana Sutrisno, Budi Harjanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.