Pengembangan Media Pembelajaran dengan E-module Shielded Metal Arc Welding (SMAW) Siswa Kelas 11 SMK Ganesha Tama Boyolali

Dadang Pratama, Valiant Lukad Perdana Sutrisno, Budi Harjanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-module yang layak untuk mata pelajaran pengelasan di jurusan Teknik Pemesinan dan Teknik Mekanik Industri SMK Ganesha Tama Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D, meliputi tahap Define, Design, Development, dan Dissemination. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar validasi untuk menguji kelayakan e-module. Penilaian kelayakan dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, serta siswa jurusan terkait. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan hasil penelitian secara sistematis, terukur, dan objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-module yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Nilai kelayakan diberikan oleh ahli media dengan skor rata-rata 3,8, ahli materi 3,9, ahli bahasa 3,3, dan siswa 3,3. Berdasarkan hasil tersebut, e-module ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran pengelasan. Pengembangan e-module ini diharapkan mampu mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif, efisien, fleksibel, dan interaktif di jurusan Teknik Pemesinan dan Teknik Mekanik Industri.

Keywords

4D, deskriptif kuantitatif, e-module, penelitian dan pengembangan

Full Text:

PDF

References

Hari & Bagas (2019). Pengembangan Video Tutorial Pengelasan SMAW di SMK N 2 Klaten. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Jayanti, A. A., & Dina, D. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Socio-Scientific Issue Dalam Rangka Mendukung Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan Materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi Siswa SMA/MA Kelas XI. Jurnal Riset Pembelajaran Kimia, 9(1), 35-48.

Kurnia, I. R. (2023). Pengembangan Buku Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Karakter Pelajar Pancasila. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 17(1), 214-217. https://doi.org/10.26877/mpp.v17i1.14827

Maya, A. (2023). Pengembangan Media Bimbingan Melalui Aplikasi Berbasis Android Tentang Dampak Negatif Fear Of Missing Out (Fomo) Akibat Penggunaan Media Sosial Pada Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Monoarfa, F. (2023). Instrumen Penilaian Pembelajaran Menulis Menggunakan Jenis Pengembangan Teks Deskripsi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 494-504. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12796

Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan minat belajar akidah akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176-188. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728

Muttaqin, T., & Kurniawan, K. (2021). Pemanfaatan Media Sosial WhatsApp sebagai Media Pembelajaran Kelas VI A dan B di MI Miftahul Huda Jatisari Krenceng Kepung Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(1), 97-125.

Patton, LD (Ed.). (2023). Pusat budaya di pendidikan tinggi: Perspektif tentang identitas, teori, dan praktik. Taylor & Fransiskus.

Solehah, S. R. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMK. Jurnal Education FKIP UNMA, 9(4), 2235-2243.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Zainul, R., & Oktavia, B. (2018). Pengenalan dan pengembangan e-module bagi guru- guru anggota MGMP Kimia dan Biologi Kota Padang Panjang. https://doi.org/10.31227/osf.io/yhau2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.