Pengembangan E-Jobsheet Berbasis SKKNI pada Praktikum Pembuatan Susu Kedelai di SMKN 4 Garut

Siti Asiah Sya'adah, Dewi Cakrawati, Dwi Lestari Rahayu

Abstract


Pengembangan e-jobsheet produksi susu kedelai dilakukan untuk menunjang kegiatan praktikum di SMKN 4 Garut. E-jobsheet dikembangkan berbasis SKKNI agar mendukung pencapaian kompetensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kelayakan e-jobsheet berbasis SKKNI sebagai pedoman praktikum pembuatan susu kedelai; (2) Mengetahui hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam praktikum pembuatan susu kedelai dengan media e-jobsheet berbasis SKKNI. Pengembangan e-jobsheet menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE. Hasil validasi menunjukkan e-jobsheet berada pada kategori “sangat layak” oleh ahli materi, media, bahasa, dan tanggapan peserta didik. E-jobsheet yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada XI APHP 2 sebanyak 34 orang. Penerapan e-jobsheet menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Hasil belajar peserta didik berada pada kategori “Tinggi” pada aspek kognitif, aspek afektif kategori “Sangat Baik”, dan aspek psikomotor tingkat “Sangat Terampil”. Penggunaan e-jobsheet berbasis SKKNI membantu peserta didik memahami alur praktikum sehingga dapat memproduksi susu kedelai sesuai SKKNI.


Keywords


e-jobsheet, pembuatan susu kedelai, praktikum, SKKNI

Full Text:

PDF
rticle

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Direktorat Pembinaan SMK. (2017). Panduan Teknis Teaching Factory (p.56). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Handayani, P. H., Tapilouw, F. S., & Wulan, A. R. (2018). Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Praktikum Virtual Invertebrata. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(1), 13-19. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i1.9142

Hasmiati, H., Jamilah, J., & Mustami, M. K. (2017). Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan dengan Metode Praktikum. Jurnal Biotek, 5(1), 21-35. https://doi.org/10.24252/jb.v5i1.3444

Hendarmin, N. P. (2019). Pengembangan Jobsheet Berbasis SKKNI untuk Pencapaian Kompetensi Produksi Kopi di SMK PPN Lembang. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Maharani, E. (2018). Perancangan Jobsheet Mata Pelajaran Pengolahan Diversifikasi Hasil Perikanan untuk Meningkatkan Hard Skill Siswa di SMKN 1 Mundu Cirebon. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurhasanah, A., Subekti, S., & Patriasih, R. (2017). Analisis Penggunaan Jobsheet pada Praktikum Dasar Boga di SMKN 9 Bandung. Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner, 6(2), 1-8. https://doi.org/10.17509/boga.v6i2.9021

Rahayu, E., Susanto, H., & Yulianti, D. (2011). Pembelajaran Sains Dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2), 106-110. https://doi.org/10.15294/jpfi.v7i2.1081

Rahman, A. A., Samingan, S., & Khairil, K. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Kerja Ilmiah Siswa pada Konsep Sistem Peredaran Darah di SMA Negeri 2 Peusangan. Jurnal Edubio Tropika, 2(1), 121-186.

Ramadhani, W. P., & Mahardika, I. K. (2015). Kegrafikaan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi. Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya, 1(1), 85-91.

Ropingatun, S. (2017). Penggunaan Media Gambar Pada Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Raudlatul Athfalhidayatus Sibyan Pematang Tahalo Jabung Lampung Timur. Tesis. IAIN Metro.

Salsabila, A. H. (2022). Pengembangan Job Sheet Bilingual Berbasis SKKNI pada Praktikum Pembuatan Soft Cookies di SMKN PP Lembang. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v18i1.78394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Siti Asiah Sya'adah, Dewi Cakrawati, Dwi Lestari Rahayu

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.