Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan E-module Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Putri Aulia Fitrah Robbani, Dewi Cakrawati, Mustika Nuramalia Handayani

Abstract


Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah penerapan model pembelajaran yang kurang bervariasi dalam pembelajaran.  Selain itu, bahan ajar yang digunakan guru yaitu buku cetak yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang tersedia di perpustakaan terbatas, sehingga siswa tidak dapat belajar secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan e-module interaktif dan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan alur pelaksanaan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu: (1) kelayakan e-module interaktif menurut ahli media, bahasa, dan materi dikategorikan sangat layak, serta respon siswa yang dikategorikan sangat baik; (2)  kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan pada akhir siklus 2, hal ini ditinjau dari peningkatan perolehan nilai kognitif, observasi kemampuan berpikir kritis, dan psikomotorik. Perolehan rata-rata nilai kognitif yaitu 89 dengan ketuntasan siswa mencapai 90%, rata-rata persentase skor observasi kemampuan berpikir kritis yaitu 80%, dan rata-rata persentase nilai psikomotorik yaitu 85%. Kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan e-module interaktif dinyatakan “sangat tinggi”. 


Keywords


e-module interaktif, kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran problem based learning

Full Text:

PDF
rticle

References


Akhdinirwanto, R. W., Agustini, R., & Jatmiko, B. (2020). Problem Based with Argumentation As a Hypothetical Model To Increase The Critical Thinking Skills For Junior High School Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 340-350. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.19282

Anjarsari, N., Kurniawati, R. P., & Pratiwi, C. P. (2022). Pengrauh Model PBL Berbantuan Flipbook terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar,3, 45-51.

Haqiqi, L. N. U., Akhdinirwanto, R. W., & Maftukhin, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Fisika Berbasis Software Sigil Berekstensi EPUB Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(2), 125-133. http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v6i2.146

Hayat, M. S., Anggraeni, S., & Redjeki, S. (2011). Pembelajaran Berbasis Praktikum Pada Konsep Invertebrata Untuk Pengembangan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Bioma, 1(2), 141-152. https://doi.org/10.26877/bioma.v1i2,%20Oktober.352

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i1.54

Mareti, J. W., & Hidayanti, A. H. D. (2021). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elemntari Edukasia, 4(1), 31-41. http://dx.doi.org/10.31949/jee.v4i1.3047

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustini, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 188-199. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem-Based LearningTerhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178-191. http://dx.doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v18i1.78393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Putri Aulia Fitrah Robbani, Dewi Cakrawati, Mustika Nuramalia Handayani

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.