Implementasi Program Teaching Factory di SMK St Mikael Surakarta
Abstract
Sebagai lembaga sosial, sekolah diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan sekolah berbasis Teaching Factory di SMK Katholik St. Mikael Surakarta dalam menghasilkan lulusan yang berprestasi dan sesuai kebutuhan dunia usaha dan industri (DU/DI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK Katolik St. Mikael telah menerapkan perencanaan yang baik dan efektif, mencakup konsep perencanaan, evaluasi, penerapan, dan umpan balik, sehingga menghasilkan lulusan berkualitas, siap kerja, dan sesuai tuntutan DU/DI. Selain itu, sekolah mengadopsi pendekatan Production-Based Education and Training dengan pelatihan berbasis produksi, Capacity-Oriented, dan Market-Oriented, di mana produk siswa dibuat berdasarkan pesanan (job order) yang memiliki nilai jual tinggi. Konsep Teaching Factory di SMK Mikael mencakup kurikulum berorientasi pasar, pembelajaran dikdaktis, fasilitas pendukung, sumber daya manusia profesional, manajemen organisasi efektif, serta lingkungan internal dan eksternal yang kondusif.
Full Text:
PDFReferences
Habiba, P. G., Sujanto, B., & Karnati, N. (2020). Evaluation of Implementation of Teaching Factory Programs. International Journal of Education and Research, 1.
Hartanto, D., Widodo, J., & Kardoyo. (2016). MODEL PERENCANAAN SEKOLAH BERBASIS TEACHING FACTORY DI. Journal Universitas Negeri Semarang, 96.
Khoiron, A. M. (2016). THE INFLUENCE OF TEACHING FACTORY LEARNING MODEL IMPLEMENTATION TO THE STUDENTS’ OCCUPATIONAL READINESS. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 23 No. 2. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i2.12294
Kuswantoro A. 2012. Perencanaan Teaching Factory Dalam Upaya Menanamkan Nilai – Nilai Enterpreneurship Di SMK Negeri 6 Semarang.
Pratiwi, Ridwan, M., & Waskito. (2019). Evaluasi Impementasi Teaching Factory Model CIPP. Journal of Vocational and Technical Education, 2.
Prianto, A., Winardi, & v. (2020). The Effect of the Implementation of Teaching Factory and Its Learning. International Journal of Instruction, 285.
Putra, R. C., Kusumah, I. H., Komaro, M., Rahayu, Y., & Asfiyanur, E. P. (2017). Design Learning of Teaching Factory in Mechanical. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering. https://doi.org/10.1088/1757-899X/306/1/012104
Supriadi, D. (2014). Depdiknas Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Retrieved from Depdiknas Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan: http://www.dikti. go.id/index.php
Wahjusaputri, S., Bunyamin, Fitriani, S., Nastitid, T. I., & Syukron, A. (2020). Teaching Factory Model for Increasing the Competency of Vocational Secondary Education Students in Indonesian Territory. International Journal of Innovation, Creativity and Change, Vol.11.
Wahjusaputri, S., Marlina, E., & Latifah, S. (2020). DEVELOPING THE TEACHING FACTORY LEARNING MEDIA IN A PUBLIC VOCATIONAL HIGH SCHOOL. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol.10. https://doi.org/10.21831/jpv.v10i1.30222Refbacks
- There are currently no refbacks.