UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR ONLINE MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM PADA MATA PELAJARAN BTIK KELAS VIII A SMP TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER

Chanifah Chanifah, Cucuk Wawan Budiyanto, Joko Slamet Raharjo

Abstract


Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan selama pandemi Covid-19 mengakibatkan berbagai masalah. Kejenuhan yang dialami peserta didik dan tidak pahamnya materi yang disampaikan mengakibatkan turunnya keaktifan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan aplikasi Zoom terhadap peningkatan keaktifan peserta didik pada pembelajaran online BTIK di kelas VIII A SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini pada sikus I, siklus II, dan siklus III adalah meningkatnya keaktifan peserta didik dalam absensi, mengumpulkan tugas, dan menjawab pertanyaan. Akan tetapi keaktifan bertanya ketika pembelajaran dari sebelum siklus sampai siklus III tidak mengalami perubahan yaitu tetap 0%. Keaktifan peserta didik dapat meningkat karena di dalam pembelajaran online menggunakan aplikasi Zoom guru dapat berinteraksi dengan peserta didik, sehingga guru dapat memotivasi peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran.

Keywords


zoom; online

rticle

References


Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta. (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aqib, Zainal, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: CV. Yrama Widya

Dabbagh, N. and Ritland. B. B. (2005). Online Learning, Concepts, Strategies And Application. Ohio: Pearson.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Afabeta




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v13i2.45617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Chanifah Chanifah, Cucuk Wawan Budiyanto, Joko Slamet Raharjo

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.