IMPLEMENTASI PRAKTIK KERJA LAPANGAN PESERTA DIDIK KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2019/2020 SMK MUHAMMADIYAH 3 KARANGANYAR

Choyrul Anwar, Yuyun Estriyanto, Muhammad Akhyar, Ngatou Rahman

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana pelaksanaan program PKL dengan mengevaluasi aspek konteks, input, proses dan produk. Latar belakang dilakukan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan program PKL dan mencari data yang bisa digunakan untuk kelancaran program PKL selanjutnya setelah dilakukan penelitian. Tempat untuk melakukan penelitian ini di SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar jurusan Teknik Kendaraan Ringan kelas XII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif evaluatif model CIPP (Context, Input, Process, Product) dengan menggunakan data kuantitatif serta kualitatif dan dokumentasi sebagai pendukung. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu peserta didik, pembimbing industri serta guru pembimbing. Teknik pengumpulan data  menggunakan kuesioner untuk mencari data utama serta wawancara dan dokumentasi sebagai pendukung. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas logika. Teknik analisis kuesioner menggunakan teknik analisis rata-rata yang dinilai berdasarkan kriteria penilaian. Hasil evaluasi secara keseluruhan menunjukkan bahwa pelaksanaan program PKL berjalan dengan baik dan lancar. Pertama, evaluasi aspek konteks secara keseluruhan masuk dalam kategori baik sekali. Kedua, evaluasi aspek input secara keseluruhan masuk dalam kategori baik sekali. Ketiga, evaluasi aspek proses secara keseluruhan masuk dalam kategori baik. Keempat, evaluasi aspek produk secara keseluruhan masuk dalam kategori baik sekali.


Keywords


Implementasi, CIPP, Praktik Kerja Lapangan

rticle

References


Abdulmajid, N. W. (2015). Pola Pembimbingan Di Tempat Kerja: Studi Kasus Pelaksanaan Program Praktik Industri Di Pt Jmi. Taman Vokasi, 3(2), 761–768. https://doi.org/10.30738/jtvok.v3i2.357 Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Rineka Cipta. Arikunto, S. Dkk (2009). Evaluasi program pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara. Burhan, I. M., Ahmad, A., & Alimuddin, M. (2017). An Analysis of the Management Problem of Working Practices of Industry in Vocational High School. International Review of Management and Marketing, 7(3), 72–76. Edi, S., Suharno, S., & Widiastuti, I. (2017). Pengembangan Standar Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Siswa Smk Program Keahlian Teknik Pemesinan Di Wilayah Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 10(1), 22–30. https://doi.org/10.20961/jiptek.v10i1.14972 Hasan, A., Nurulhuda, S., Mohd, T., Fauzi, M., & Yunus, M. (2015). A Conceptual Framework for Mechatronics Curriculum Using Stufflebeam CIPP Evaluation Model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 844–849. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.324 Hasanah. (2015). Entrepreneurship Membangun Jiwa Entrepreneur Anak Melalui Pendidikan Kejuruan. CV. Misvel Aini Jaya. Muladi, A. P., Wibawa, & Moses, K. M. (2018). A study of the impact of cooperation between vocational high school and industries in Malang City A study of the impact of cooperation between vocational high school and industries in Malang City. Musthofa, M. U., Suswanto, H., & Nyoto, A. (2017). Analisis Praktik Kerja Industri Siswa SMK dalam Menyesuaikan Kebutuhan Dunia Kerja. 244–251. Muyana, S. (2017). Context Input Process Product ( CIPP ): Model Evaluasi. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 342–347. Riduwan, A. &. (2006). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bina Alfabet. Riyanto, J., Akhyar, M., & Harjanto, B. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Industri dengan Menggunakan Model CIPP pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan, X(2), 12–23. Sardimanto, Yusrizal, & Niswanto. (2017). Pengelolaan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Pada Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 5(1), 20–29. Setiyaningrum, D. (2018). Manajemen Praktik Kerja Lapangan Di Smk Batik 2 Surakarta. 13(1), 108–116. Sofyan, H. (2015). Metodologi Pembelajaran Kejuruan. UNY Press. Sudira, P. (2012). Filosofi & Teori Pendidikan Vokasi dan Kejuruan. UNY Press. Yoto, & Widiyanti. (2017). Vocational High School Cooperation with PT Astra Honda Motor to Prepare Skilled Labor in Industries. International Journal of Environmental and Science Education, 12(3), 585–596. https://doi.org/10.12973/ijese.2017.1249p




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v14i2.44690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Choyrul Anwar, Yuyun Estriyanto, Muhammad Akhyar, Ngatou Rahman

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.