EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PREZI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL DI SMK NEGERI 5 SURAKARTA
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di SMK N 5 Surakarta pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar siswa masih rendah. Siswa yang menyelesaikan tugas tepat waktu hanya 8 orang (24,24%), siswa yang berani bertanya saat pembelajaran hanya 3 orang (9,09%), siswa yang fokus saat pembelajaran hanya 10 orang (30,30%). Sedangkan untuk hasil belajar terdapat 11 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM dan 25 siswa lainnya mendapatkan nilai di bawah KKM. Berdasarkan kedua masalah tersebut, penelitian ini bertujuan menjawab: (1) apakah dengan mengganti media pembelajaran yang digunakan dengan prezi dapat meningkatkan minat belajar siswa, (2) apakah dengan mengganti media pembelajaran yang digunakan dengan prezi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk menjawab kedua pertanyaan tersebut, akan dilaksanakan penelitian dengan desain quasi experimental dengan model nonequivalent control group design. Penelitian ini melibatkan seluruh siswakelas X RPLyang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas experiment dan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengukur minat dan tes untuk mengukur hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji keseimbangan, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan (1) rata-rata minat belajar kelas eksperimen meningkat 7,31% dan rata-rata Ngain 0,56 dengan kategori sedang pada penggunaan prezi terhadap minat belajar; (2) rata-rata hasil belajar kelas eksperimen juga meningkat 21,2% dan rata-rata Ngain 0,52 dengan kategori sedang pada penggunaan media prezi terhadap hasil belajar.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alviyaturrohmah, Saluky, & Muchyidin, A. (2013). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SOFTWARE PREZI TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA. 3.
Djamarah, & Bachri, S. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dzulhijjah, P., Noer, A. M., & Linda, R. (2014).
the Application of Prezi Dekstop As Presentation Media To Improvestudent Learning Achievement on the Topic of Hydrocarbon in Class X Sman 9 Pekanbaru. 1–10. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publication s/205962-penerapan-prezi-dekstop- sebagai-media-pr.pdf
Melida, D., Masril, & Hufri. (2014). Pengaruh Media Prezi The Zooming Presentations Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA N 12 Padang. Pillar Of Physics Education, 4(November), 113.
Ponto, H. (2016). Evaluasi Pembelajaran
JIPTEK, Vol. No. , 2020
DOI:
penelitian
yang sudah
Pendidikan Kejuruan (1st Yogyakarta: DEEPUBLISH Penerbitan CV BUDI UTAMA).
ed.). (Grup
Raihani. (2007). Education reforms in Indonesia in the twenty-first century. International Education Journal, 8(1), 172–183.
Slameto. (2010). BELAJAR DAN FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Strasser, N. (2014). Using Prezi In Higher Education. Annales Zoologici, 49(1–2),
–99.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018).
MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DAN PENGEMBANGANNYA (1st ed.; P. Latifah, ed.). Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Wardiana, I. P. A., Wiarta, I. W., & Zulaikha, S. (2014). HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT ( AQ ) DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASIBELAJAR DI KELURAHAN PEDUNGAN.
DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v14i1.44416
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Denta Ayu Meilany, Endar Suprih Wihidayat, Yusfia Hafid Aristyagama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.