“FUN BOOK” RAK BUKU OTOMATIS BERBASIS ARDUINO DAN BLUETOOTH PADA PERPUSTAKAAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SISWA

Deny Nusyirwan

Abstract


Perpustakaan sebagai fungsi informasi membutuhkan fasilitas yang lengkap baik dari segi buku bacaan maupun fasilitas lainnya.  Apabila hal tersebut tidak dilengkapi maka akan mengurangi efektifitas di sekolah. Siswa yang pada umumnya membutuhkan buku dari perpustakaan pada waktu istirahat, perlu untuk mendapatkan buku tersebut dalam waktu yang singkat. Keinginan tersebut tidak dapat dipenuhi karena pengembalian dan pengambilan buku masih dilakukan oleh pustakawan.  Pada penelitian yang dilakukan pada SMP N 11 Kampung Bugis Kota Tanjungpinang, di usulkan sebuah solusi sebuah inovasi berbasikan teknologi bernama Fun Book, dimana siswa akan dapat memilih buku pada rak yang terdorong secara otomatis. Purwarupa yang dihasilkan menggunakan Arduino Uno dan Bluetooth dengan sistem kerja yang praktis. Awal penelitian dimulai dengan pendekatan Double Diamand yang diperkenalkan oleh British Design Council, yaitu proses perancangan yang mempergunakan design thinking didalam menghasilkan inovasi berbasis teknologi. Setelah mendapatkan solusi utama, maka akan dilanjutkan dengan pembuatan purwarupa virtual dan sederhana yang akan dipergunakan untuk uji fungsi dan manfaat bersama calon pengguna. Dari hasil pengujian, calon pengguna menemukan hasil yang inovatif dan efektif karena mampu mempersingkat waktu pencarian buku.

 


Full Text:

PDF
rticle

References


Bastien J M C. (2017).Usability testing: a review of some methodological and technical aspects of the method”, International Journal of Medical Informatics. Vol. 79, No. 4, p e18-e23.

Design Process – Testbatch. Diakses pada tanggal 23 Juni 2019, Dari http://www.designcouncil.org.uk/news-opinion/design-process-what-double- diamond

Havid, M, Efendi,A, and Basori. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Berbasis Teknologi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan Vol. 12, No.1, p. 56-64

Irbīte A, and Strode A. (2016). Design thinking models in design research and education, Proceedings of the International Scientific Conference, 2016. Vol. IV, p 488-500

Johnson, G I, Clegg, C W, and Ravden, S. J. (1989).Towards Practical User Experience Evaluation Methods, Jornal of Applied Ergonomics. Vol. 20, No.4, p 255-260

Kastner S, and Knight R T. (2017). Bringing Kids into the Scientific Review Process. Journal Neuron, Vol 93, No.1, p 12-14.

Kurnianto, D, Hadi, A M. and Wahyudi W. (2016) Perancangan Sistem Kendali Otomatis pada Smart Home menggunakan Modul Arduino Uno, Jurnal JNTE, Universitas Andalas, Vol. 5, No. 2, p. 260-270

Nusyirwan D. (2017). Engineering Design Process Engineering Student Centered Experience Learning (ESCEL) di Jurusan Teknik Elektro Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH). Jurnal Sustainable. Vol. 6, No. 1, p 24-35

Putuasduki, E P M. (2015). Pemanfaatan QR Code Pada Perpustakaan Untuk Pemeringkatan, Peminjaman, dan Pemeliharaan Buku Pada Perpustakaan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma. Prosiding ke 11 e-Indonesia Initiative Forum 2015.

Sabiq, F, and Ranto, B. (2017). Pengaruh Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Smk Pancasila Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan. Vol. X, No. 2, p. 47-55

Stanford University. Diakses pada tanggal 23 Juni 2019, Dari http://web.stanford.edu

Sekolah Kita SMP NEGERI 11 TANJUNGPINANG Diakses pada tanggal 23 Juni 2019, Dari http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/007328BD-31F5-E011-BF42-F542CFCD811C

Surachman, A. (2016). Perancangan SMART LIBRARY bagi Generasi Digital Natives di Universitas Gadjah Mada, Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia 9, p. 1-14

von Saucken C, Lachner F, and Lindemann U. (2014). Principles for User Experience What We Can Learn from Bad Examples, International Conference on Kansei Engineering & Emotion Research

Wagner C, Kawulich B, and Garner M. (2012). Collecting Data Through Observation, Doing Social Research: A global context. McGraw Hill

Zain, M., A., (2014). Pemanfaatan Smart Library Automation (SLA) Oleh Karyawan Dan Pengunjung Perpustakaan Pusat Universitas Islam Malang, Tugas ahir S1, Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v12i2.31140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Deny Nusyirwan

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.