PENINGKATAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERLATAR MUSIK KLASIK KELAS X MULTIMEDIA 1 SMK NEGERI 3 SURAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi (1) kognitif; (2) psikomotorik; (3) afektif pada mata pelajaran pemrograman dasar setelah menggunakan model kooperatif tipe STAD berlatar musik klasik; Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan selama 2 siklus. Penelitian ini menggunakan model kooperatif tipe STAD dengan latar musik klasik. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Multimedia 1 di SMK Negeri 3 Surakarta. Penggumpulan data dilakukan dengan teknik observasi untuk data kompetensi afektif peserta didik, teknik tes untuk data kompetensi kognitif dan psikomotorik, dan teknik angket untuk data efektivitas musik klasik dalam pembelajaran terhadap ketenangan dan konsentrasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data diskriptif komparatif. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) peningkatan kompetensi kognitif peserta didik belum mencapai indikator (Pratindakan 0%, Siklus I 18.518%, dan Siklus II 10%). (2) peningkatan kompetensi psikomotorik peserta didik mencapai indikator (Pratindakan 33.33%, Siklus I 74.074%, dan Siklus II 76.67%). (3) peningkatan pada kompetensi afektif peserta didik mencapai indikator (Pratindakan 40%, Siklus I 53.125%, dan Siklus II 80%).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
____________.Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Amri, S. & Poerwati, L.E. (2013). Panduan Kurikulum 2013,(Sebuah Inovasi Struktur Kurikulum Penunjang Masa Depan. Jakarta : Presasi Pustaka Publisher.
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Campbell. D.(2002). Efek Mozart: Memanfaatkan Kekuatan Musik untuk Mempertajam Pikiran, Meningkatkan Kreativitas, dan Menyehatkan Tubuh. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Castillo,dkk. (2014). Effects of Music on the Spatial Reasoning Skills of Grade-One Pupils. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 1(1), 73-83.
DePorter,B., Reardon ,M., & Nourie, S.S. (2007). Quantum teaching: Mempraktikkan quantum learning di ruang-ruang kelas. Bandung: Mizan Pustaka.
Haloho (2014). Perbaikan Aktivitas belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 12 Medan. Jurnal Saintech, 6(2),18-25.
Kemendikbud. (2015). Panduan Penilaian Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta:Kemendikbud.
Lamba,dkk.(2014).Impact of Teaching Time on Attention and Concentration. Journal of Nursing and Health Science, 3(4), 1-4.
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Rosdakarya.
Noerrudin, A (2014). Implemantasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Disertai Pemberian Umpan Balik Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, 13(1), 31-41.
Nurjanah, Suratno, & Aprilya (2014). Pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions) Dengan Metode Praktikum Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negri 1 Purwoharjo-Banyuwangi Tahun Pelajaran 2011/2012. Pancaran, 3(1),1-14.
Slavin. R.E,. (2005). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Warsono&Hariyanto.(2012). Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v12i2.24288
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Agung Wiratmo, Basori Basori, Dwi Maryono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.