PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI SMK NEGERI 1 BANYUDONO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer; (2) pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer; (3) pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer; (4) pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer; (5) pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru, kompetensi kepribadian guru, kompetensi sosial guru, dan kompetensi profesional guru secara bersama – sama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI jurusan TKJ di SMK Negeri 1 Banyudono. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut ini. Pertama, tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 1 Banyudono. Kedua, tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 1 Banyudono. Ketiga, tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 1 Banyudono. Keempat, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 1 Banyudono. Kelima, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru, kompetensi kepribadian guru, kompetensi sosial guru, dan kompetensi profesional guru secara bersama – sama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 1 Banyudono.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kerja Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pangestuti, F. (2012). Persepsi Siswa mengenai Kompetensi Guru terhadap Prestasi
Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK YPPM Boja Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Phillips, L. T., Weisbuch, M., Ambady, M. (2014). People perception: Social vision of groups and consequences for organizing and interacting. Research in Organizational Behavior, 34 (2014), 101-127. Diperoleh pada
Juli 2016, dari www.elsevier.com/locate/riob
Rohmah, K, Marimin. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa mengenai Keterampilan Mengajar, Kompetensi Kepribadian, dan Kompetensi Sosial Guru, terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Studi Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Purwodadi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 10(1), 28 – 41. Diperoleh pada
tanggal 15 Juni 2016 dari http://lib.unnes.ac.id/21343/1/710141 1228-s.pdf
Ratminingsih, N. M. (2015). Profil Profesionalisme Dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor
Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Yunita, R. (2013). Pengaruh Persepsi Siswa mengenai Kompetensi Profesional Guru Akuntansi dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Bergas Kab. Semarang Tahun Ajaran 2012/2013.Skripsi Tidak Dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang
DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v13i2.24276
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Nada Hanifah, Agus Efendi, AG Tamrin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.