PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI SMK NEGERI 1 BANYUDONO

Nada Hanifah, Agus Efendi, AG Tamrin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer; (2) pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer; (3) pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer; (4) pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer; (5) pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru, kompetensi kepribadian guru, kompetensi sosial guru, dan kompetensi profesional guru secara bersama – sama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI jurusan TKJ di SMK Negeri 1 Banyudono. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut ini. Pertama, tidak terdapat  pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 1 Banyudono. Kedua, tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 1 Banyudono. Ketiga, tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 1 Banyudono. Keempat, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 1 Banyudono. Kelima, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru, kompetensi kepribadian guru, kompetensi sosial guru, dan kompetensi profesional guru secara bersama – sama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 1 Banyudono.

 

 

Keywords


persepsi siswa, kompetensi guru, prestasi belajar

Full Text:

PDF
rticle

References


Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kerja Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pangestuti, F. (2012). Persepsi Siswa mengenai Kompetensi Guru terhadap Prestasi

Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK YPPM Boja Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Phillips, L. T., Weisbuch, M., Ambady, M. (2014). People perception: Social vision of groups and consequences for organizing and interacting. Research in Organizational Behavior, 34 (2014), 101-127. Diperoleh pada

Juli 2016, dari www.elsevier.com/locate/riob

Rohmah, K, Marimin. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa mengenai Keterampilan Mengajar, Kompetensi Kepribadian, dan Kompetensi Sosial Guru, terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Studi Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Purwodadi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 10(1), 28 – 41. Diperoleh pada

tanggal 15 Juni 2016 dari http://lib.unnes.ac.id/21343/1/710141 1228-s.pdf

Ratminingsih, N. M. (2015). Profil Profesionalisme Dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor

Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Yunita, R. (2013). Pengaruh Persepsi Siswa mengenai Kompetensi Profesional Guru Akuntansi dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Bergas Kab. Semarang Tahun Ajaran 2012/2013.Skripsi Tidak Dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v13i2.24276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nada Hanifah, Agus Efendi, AG Tamrin

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.