PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA KOMPETENSI DASAR PENGOLAH SIMULASI VISUAL TAHAP PASCA PRODUKSI KELAS X AKUNTANSI 3 SMK NEGERI 6 SURAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul interaktif pada mata pelajaran simulasi digital dan mengetahui kelayakan modul interaktif berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Pengembangan modul interaktif dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis isi materi dan analisis kebutuhan. Tahapan selanjutnya dari penelitian ini adalah pembuatan peta navigasi dan storyboard. Tahapan terakhir adalah pembuatan media, memvalidasi, merevisi, publishing, dan mengujicoba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul interaktif memiliki skor 97% dari ahli materi yang termasuk dalam kategori sangat layak, 79% dari ahli media yang termasuk dalam kategori layak, dan 97% dari praktisi pembelajaran yang termasuk dalam kategori sangat layak.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Cetakan Pertama. Jakarta: Referensi Jakarta
Dananjaya, U. (2013). Media Pembelajaran
Aktif. Cetakan III. Bandung: Nuansa Cendekia.
Darmawan, D. (2011). Inovasi Pendidikan:
Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Florence, M., O. Jerome, H., Robin, B., & Tara,
B (2013). Development of an Interactive Multimedia Instructional Module. The Journal of Applied Instructional Design. 03 (03), 5-17. Diperoleh pada 15 Maret 2016, dari www.jaidpub.org.
Lee, W.W & Diana, L.O. (2004). MultimediaBased Instructional Design. San Francisco: Pfeiffer.
Riduwan. (2012). Skala Pengukuran VariabelVariabel Penelitian. Cetakan kesembilan. Bandung: Alfabeta
Tim Seamolec. (2013). Simulasi Digital Jilid 2.
Jakarta: Kementerian Pendidikan & Kebudayaan.
Tim WWILD. World Wide Interactive Learning Design. Diperoleh pada 20 Juni 2016, dari http://wwild.coe.uga.edu.
Wawan, S. & Bambang, E.P. (2012). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Kuliah Organisasi Komputer. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi. 4 (2), 60-67. Diperoleh pada 4 Maret 2016, dari http://ijns.org
DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v13i2.24274
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Anggri Valerian Padmanaba Purbakusuma, Dwi Maryono, Agus Efendi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.