ANALISIS PENGARUH PEMASANGAN JENIS TURBO CYCLONE DAN INTAKE MANIFOLD MODIFIKASI TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA SEPEDA MOTOR KARBURATOR

Bibid Widodo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penurunan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor dengan pemasangan jenis turbo cyclone dan intake manifold modifikasi dibandingkan dengan kondisi sepeda motor standar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan putaran mesin atau rotation per minutes  (rpm) sebagai variabel kontrolnya, yaitu pada 1500 rpm, 4500 rpm dan 7500 rpm. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Hasil dari penelitian ini adalah konsumsi bahan bakar mengalami penurunan paling baik pada saat menggunakan  free vane turbo cyclone  dengan intake manifold standar dengan rata-rata penurunan sebesar 0,67 ml/menit atau 13,4% pada putaran mesin 1.500 rpm, pada putaran mesin 4.500 rpm sebesar 1,5 ml/menit atau 11,54%, dan  pada putaran mesin 7.500 rpm sebesar 1,5 ml/menit atau 7,5%. Dan untuk jumlah total konsumsi bahan bakar mengalami penurunan sebesar 11 ml/menit atau 9,65% bila dibandingkan dengan kondisi standar.


Keywords


turbo cyclone; intake manifold modifikasi; konsumsi bahan bakar

Full Text:

PDF
rticle

References


Al Vandy, R. Muhammad, Aris Triwiyatno, dan Budi Setiyono. 2013. Desain Kontrol Air Fuel Ratio(AFR) pada Model Spark Ignition Engine Dengan Metode Hybrid Fuzzy PI. TRANSIENT, VOL. 2, NO. 2 Juni 2013 ISSN: 2302-9927 halaman 217

Arikunto, Suharsimi.2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Khoir, Miftahul dan Marsudi.2014. Pengaruh Penggunaan Turbo Cyclone dan Busi Iridium Terhadap Performa Sepeda Motor Honda Supra X 125 cc Tahun Perakitan 2011. JTM UNESA Volume 02 Nomor 02 halaman 79-88

Muchammad.2007. Simulasi Efek Turbo Cyclone terhadap Karakteristik Aliran Udara pada Saluran udara Sepeda Motor 4 Tak 100 CC Menggunakan Computational Fluid Dynamics. Rotasi Volume 9 Nomor 1 halaman 1-16

Shrirao, Pankaj.N dan Rajeskhumar U. Sambhe.2014. Effect of Swirl Induction by Internally Threaded Inlet Manifolds on Exhaust Emissions of Single Cylinder (DI) Diesel Engine. International Journal of Science and Research (IJSR). Volume 3 Issue 7

Sularto, Tri.2007. Pengaruh Modifikasi Diameter Venturi dan Pemasangan Turbo Cyclone terhadap Daya Mesin pada Sepeda Motor FIZ R 2003. Skripsi dipubikasikan: UNS Surakarta

Suliono dan Marsudi.2013. Pengaruh Penggunaan Turbo Cyclone dan Busi Iridium Terhadap Emisi Gas Buang pada Motor Bensin 4 Tak. JTM UNESA Volume 02 Nomor 02 halaman 27-35




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v12i1.19952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bibid Widodo

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.