PENGARUH FASILITAS BELAJAR BERBASIS TEKNOLOGI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Havid Muhamad, Agus Efendi, Basori Basori

Abstract


Pendidikan sangat penting bagi kita, negara bisa maju karena orang-orangnya berpendidikan. Keberhasilan pendidikan ditentukan oleh kualaitas pendidikan itu sendiri. Untuk mengetahui kualitas pendidkan diperlukan suatu hasil atau prestasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi adalah fasilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Pengambilan sample menggunakan sistem simple random sampling sebanyak 58 orang dari total populasi keseluruhan sebanyak 70 orang pada jenjang pendidikan formal. Metode yang digunakan dalam pengambilan data yaitu menggunakan quisioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis diketahui bahwa kedua variabel yaitu fasilitas belajar (X) dan prestasi belajar siswa (Y) mempunyai pengaruh yang positif, hal ini dibuktikan dengan r = 0,277 dimana pedoman yang digunakan untuk memberikan interpretasi yang dikemukakan oleh Sugiyono berada pada interval 0,20 – 0,399 yang mana termasuk dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikemukakan oleh penulis yang mana terdapat pengaruh antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar dengan kategori rendah, maka perlu ditingkatkan efektifitas penggunaan fasilitas belajar serta dilakukan penelitian lain tentang faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa selain fasilitas belajar.


Keywords


pengaruh fasilitas belajar; fasilitas belajar; teknologi; product moment

Full Text:

PDF
rticle

References


Ambarwati, Iis (2013). Pengaruh kelengkapan Fasilitas Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bambang Eka Purnama. (2014). Cara mudah membuat web dengan CMS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Burham, N. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Camellia, L. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi belajar di SMA N 5 Surakarta. Surakarta : FKIP UNS.

Dalyono. (2001). Psikoloi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Eny Dwi Suharyati, (2013). Fasilitas Pendidikan Berbasis Teknologi Terhadap Efektifitas Belajar Mahasiswa Ilmu Sosial Politik Universitas Mulawarman Samarinda. Samarinda : eJournal Ilmu Administrasi, 2013, 1 (2): 737-748

Fraenkel dan Wellen. (2008). How To Design And Evaluate Research In Education. New York: McGraw-Hill.

Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kamus besar bahasa Indonesia. (2001). jakarta: Balai pustaka.

Mansyur, R. dan. (2008). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV.Wacana Prima.

Muhroji. (2004). Manajemen Pendidikan. Surakarta: FKIP UMS.

Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosda Karya.

Nasution, M. (1994). Teknologi Pendidikan. Jakarta: Djambatan.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES, 2008.

Sudjana, N. (2000). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Rosda Karya.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugono, D. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas.

Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian, suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rinneka Cipta.

Suprayekti. (2003). Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Dikdasmen, Depdiknas.

Suryasubrata. (1989). Proses Belajar Mengajar Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Andi Offset.

Suryasubrata. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Sutikno, S. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistika.

Suwartono (2014). Dasar-dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda Karya.

The Liang Gie. (2002). Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Pusat Kemajuan Studi.

Violita, F. (2013). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Payakumbuh.

Wicaksono Pekik (2102). Pengaruh Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun Ajaran 2011/2012.

Sidiq, A., Sujana, Y., & Budianto, A. Information System of International Conference Management Based on Web. Journal of Informatics and Vocational Education, 1(1).

Widjaya. (1994). Sarana Pendidikan. Bandung: Tarsito.




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v12i1.19118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Havid Muhamad, Agus Efendi, Basori Basori

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.