PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB SEBAGAI SISTEM PENGOLAHAN NILAI SISWA DI SMK NEGERI 1 KUDUS

Farid Suryandani, Basori Basori, Dwi Maryono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem informasi pengelolaan nilai untuk memudahkan guru dalam mengelola nilai rapor siswa. Sistem informasi ini ditujukan untuk digunakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sistem informasi ini berbasis web, sehingga dapat diakses oleh guru untuk mengelola nilai dan siswa bisa melihat hasil belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kudus. Teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Sebagai Sistem Pengolahan Nilai Siswa di SMK Negeri 1 Kudus dilaksanakan dengan lima tahap yaitu : (1) Communication merupakan diskusi antara peneliti dengan pihak sekolah tentang pengembangan sistem. (2) Planning merupakan tahap perancangan kebutuhan fungsional, kebutuhan software dan kebutuhan hardware dari sistem yang dikembangkan. (3). Modeling yaitu tahap perancangan sistem yang berfokus pada pemrosesan data. Tahap ini dimulai dengan pembuatan Usecase Diagram, Flowchart, DFD (Data Flow Diagram), ERD (Entity Relationship Diagram), Desain Tabel Basis Data dan Relasinya dan pembuatan Desain Tampilan Sistem. (4) Construction yaitu tahapan pada rancangan yang telah dibuat, di implementasikan ke dalam kode (program). (5) Deployment merupakan tahap pengujian kepada pihak SMK untuk mendapatkan umpan balik tentang kelayakan dan pengembangan sistem yang selanjutnya. Nilai akhir dari penelitian ini adalah 93,1% dari ahli sistem, 85,3% dari  guru dan staf tata usaha dan 82,4% dari siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem ini sangat layak untuk digunakan.

Kata Kunci : Sistem Informasi Akademik, berbasis web, pengelolaan nilai siswa

Full Text:

PDF
rticle

References


Bharamagoudar, S.R, Geeta, R.B, Totad, S.G. (2013). Web Based Student Information Management System. IJARCCE.

Fadjar. 2002. Sistem Informasi Akademik. Yogyakarta: Andi Offset

Gurid Budi Wiyono, I. U. (2014). Pembangunan Sistem Informasi Akademik Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri III Tegalombo. Indonesian Journal on Networking and Security, 8.

HHS. (2006). System Usability Scale. Diperoleh 27 April 2016 dari, https://www.usability.gov/how-to-and-tools/methods/system-usability-scale.html.

James OBrien, G. M. (2010). Management Information Systems. New York: McGraw-Hill.

Pressman, R. S. (2010). Software Engineering a Practitioner Approach, Seven Edition (Vol. 7). New York: McGraw-Hill.

Romas, MH. Fahd Al Aliem. (2015). Pengembangan Sistem Informasi Borang Akreditasi Berbasis Web Pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin JPTK FKIP UNS. Skripsi Tidak Dipublikasikan: UNS, Surakarta.

Sauro, J. (2011). Measuring Usability with the System Usability Scale (SUS). Diperoleh 27 April 2016 dari, http://www.measuringu.com/sus.php.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v10i1.14976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Farid Suryandani, Basori Basori, Dwi Maryono

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.