EVALUASI KINERJA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNS MENGGUNAKAN METODE INTEGRATED PERFORMANCE MEASUREMENT SYSTEMS (IPMS)

Bekti Khonaah, Suharno Suharno, Budi Harjanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dari Program Studi Pendidikan Teknik Mesin. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) Integrated Performance Measurement Systems (IPMS) yang tujuan utamanya adalah merancang sistem pengukuran; (2) Analytical Hierarchy Process (AHP) yang bertujuan untuk melakukan pembobotan indikator; dan (3) Objective Matrix (OMAX) yang bertujuan untuk melakukan pengukuran kinerja. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, hasil rancangan pengukuran kinerja terdiri dari 14 indikator yang termasuk dalam 6 kriteria perspektif pengukuran kinerja. Kedua, tingkat kinerja pada tiap Key Performance Indicators (KPI) yang paling tinggi adalah indikator tersedia instrumen baku untuk mengukur kinerja dosen dalam perkuliahan, sedangkan kinerja yang paling rendah adalah indikator 95% lembar Berita Acara Perkuliahan (BAP). Kinerja Program Studi Pendidikan Teknik Mesin secara keseluruhan memiliki indeks kinerja sebesar 5,055, sehingga kinerja pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin masuk dalam kategori mengalami peningkatan kinerja. Ketiga, kinerja yang perlu ditingkatkan pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret Surakarta terdapat 8 Key Performance Indicators (KPI).  Kinerja yang perlu diperbaiki pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret Surakarta adalah 95% lembar Berita Acara Perkuliahan  (BAP) terisi.

 

Kata Kunci: pengukuran kinerja, IPMS, AHP, Pendidikan Teknik Mesin, KPI.


Full Text:

PDF
rticle

References


¬¬¬¬¬Bititci, U. S. (2015). Managing Business Performance. United Kingdom: Wiley.

Maulidia, F. R., Setyanto, N. W., & Rahman, A. (2014). Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja dengan Metode Integrated Performance Measurement Systems (IPMS) (Studi Kasus: KPRI universitas Brawijaya). Jurnal Performa Vol. 2 No. 1.

Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Sukardi. (2014). Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.

Syairuddin, B., & Suwignjo, P. (2007). Perancangan dan Implementasi Sistem Pengukuran Kinerja dengan Metode Integrated Performance Measurement Systems (Studi Kasus: Jurusan Teknik Mesin Universitas Mataram). Jurnal Teknik Industri Vol. 9 No. 2.

Widoyoko, E. P. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v10i1.14968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Bekti Khonaah, Suharno Suharno, Budi Harjanto

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.