IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN SIMULATOR BASIC PNEUMATIC PADA MATA KULIAH PNEUMATIK HIDROLIK

Ngatou Rohman

Abstract


Metodologi pembelajaran memiliki memiliki dua aspek yaitu metode mengajar dan media
pembelajaran yang digunakan oleh guru/dosen di dalam kelas. Sebagai alat bantu pembelajaran, peran dan fungsi
media pembelajaran tidak boleh diremehkan. Sebab proses pembelajaran yang berkualitas selalu menyediakan
sumber belajar dan atau media pembelajaran yang kaya dan bervariasi. Media pembelajaran yang kaya dan
bervariasi tidak saja membuat motivasi belajar meningkat, tetapi juga menjadikan hasil belajar lebih bermakna
atau berkualitas. Dari hasil pengamatan diperoleh gambaran bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki kesulitan
dalam memahami konsep mengenai katup kontrol dan katup kerja pada sistem pneumatik dan hidrolik. . Salah
satu jenis media yang dianggap sesuai untuk mengatasi permasalahan di atas adalah menggunakan media
simulator basic pneumatic yang merupakan hasil kreatifitas mahasiswa yang menempuh mata kuliah karya
inovatif. penelitian termasuk penelitian deskriptif dengan kategori penelitian eksperimen. Hal ini dikarenakan
diberikan perlakuan (penggunaan media pembelajaran dalam bentuk simulator basic pneumatic) pada mahasiswa
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi hasil belajar dan keaktifan belajar dalam mengikuti
perkuliahan pneumatik hidrolik. Penelitian ini juga termasuk penelitian eksperimen semu (quasi exsperimen)
jenis “ the one-shot case study”. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin
JPTK FKIP UNS semester genap TA 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang menempuh mata
kuliah Pneumatik Hidrolik dengan jumlah 57 mahasiswa. Teknik analisis data hasil penelitian dilakukan dengan
cara menganalisis data hasil tes dan pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat
disimpulkan penggunaan media pembelajaran dalam bentuk simulator basic pneumatik memiliki pengaruh yang
positif terhadap kualitas perkuliahan pada mata kuliah Pneumatik Hidrolik. Meningkatnya kulaitas perkuliahan
ditunjukkan dengan dua hal yaitu hasil belajar dan keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran/perkuliahan.


Full Text:

PDF
rticle

References


Arends, 1997. Clasroom Instruction and Management. McGraw-Hill Companies. Inc. New York.

Dahar, R.W, 1988. Teori-teori Belajar. Depdikbud P2LPTK, Jakarta

Gerlach, V.G. dan Ely, D.P. 1971. Teaching and Media. A. Systematic Approach. Englewood Cliffs:

Prentice-Hill, Inc.

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. (Cetakan ke-7). Bandung : Penerbit PT. Citra Aditya Bakti.

Sudjana, N. dan Rivai, A. 1990. Media Pembelajaran. Bandung : Penerbit C.V. Sinar Baru Bandung.

Supriatna, D, 2009. Pengenalan Media Pembelajaran: Bahan Ajar untuk Diklat E-Training PPPPTK

TK dan PLB. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v7i1.12646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ngatou Rohman

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.