SUPERVISI PENGAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SEKOLAH DASAR (Studi Multikasus di SD Laboratorium Sumber Ilmu,SDN Sekar Arum I, SDK Sang Surya, San SON Madukoro VI, Malang)

Roemintoyo Roemintoyo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program supervisi pengajaran untuk meningkatkan profesionalisme guru di sekolah dasar. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru, Kepala Sekolah melalui supervisi pengajaran melaksanakan upaya-upaya sebagai berikut: melaksanakan kunjungan kelas, monitoring KBM, rapat dewan guru, pembinaan secara individu maupun kelompok, bacaan profesional, studi lanjut, mengikutkan guru dalam KKG, penataran/lokakarya/seminar, sharing dan diskusi antar guru, guru dengan kepala sekolah, guru dengan pengawas.

Full Text:

PDF
rticle

References


Achmady, Z.A. 1995. Reformasi Administrasi dalam Pendidikan: Beberapa Pelajaran tentang Implementasi Kebijakan', Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar. Malang: Universitas Brawijaya.

Adan, A.M. 1987.Analisis Kebutuhan, Pengadaan dan Pengembangan Kepala Sekolah Dasar Negeri di Propinsi Daerah Istimewa Aceh (http://ppsupi.org/abstraksi.htm).Diakses 9 Januari 2006.

Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Kota Malang. 2005. Surat Keputusan BAS Kota Malang Nomor: 01/Kep/BASKOTA/I/2005 tentang Penetapan Hasil Akreditasi Sekolah. Malang: Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Kota Malang.

Bafadal, I. 1994. Proses Perubahan di Sekolah, Studi Multisitus pada Tuga Sekolah Dasar yang Baik di Sumekar.Disertasi tidal( diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang.

Brodjonegoro, S.S. 2004. Kualifikasi Pendidikan untuk Guru Kelas Sekolah Dasar, (Oniline), (www.dikti.orgkualifikasiGuruSD.htm, diakses 11 januari 2006).

Brannen, J. 1992. Mixing Methods: Qualitative and Quantitative Research.Aldershot, England: Avebury.

Caillods, F. 2004. Teachers: a Priority. News Letter, (Online), Vol. XXII, No. 1, January-March 2004 (http://www.unesco.org/iiep, diakses 17 Januari 2006).

Danim, S. 2002. Inovasi Pendidikan, Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Danumihardja, Hj.M. 2004.Manajemen Keuangan Sekolah, Studi Manajemen Keuangan pada Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama dalam Implementasi Otonomi Daerah. Jakarta: Uhamka Press.

Ekosusilo, M. 2003. Hasil Penelitian Kualitatif, Supervisi Pengajaran Dalam Latar Budaya Jawa, Studi Kasus Pembinaan Guru SD di Kraton Surakarta. Sukoharjo: Penerbit Uvitet Bantara Press.

Elley, W.B. 1992. How in the World Do Students Read.The Hague: IEA.

Ellis, A.J., Cogan, J.J. & Howey K.R. 1991.Introduction to the Foundations of Education.Boston: Allyn and Bacon.

Engkoswara, Soemantri, H.M, Ibrahim, R. & Sudjana, N. 2000.Keefektifan Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Jurnal Ilmu Pendidikan, I (2): 107-114.

Fattah. N. 1987. Ketidak Sesuaian Antara Anggaran yang Diusulkan dengan Ang-garan yang Disetujui Dalam Program Peningkatan Mutu Pendidikan SMA di Jawa Barat.Bandung.

Gaffar, H.M.F. 2004.Membangun Kembali Pendidikan Nasional dengan Fokus: Pembaharuan Manajemen Perguruan Tinggi Pada Era Globalisasi.

Makalah disajikan dalam Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia V, Surabaya, 5-9 Oktober 2004.

Gaustad, J. 1992. School Discipline.Digest # 78, December.

Gay, L.R. 1987. Educational Research, Competencies for Analysis and Application.Third Edition. Columbus, Ohio: Merrill Publishing Company.

Glaser, B.G. & Strauss, A.L. 1980.The Discovery of Grounded Theory, Strategies for Qualitative Research. New York: Aldine Publishing Company.

Glaser, B.G. & Strauss, A.L. 1985.Penemuan Teori Grounded, Beberapa Strategi Penelitian Kualitatif. Terjemahkan oleh Abd.Syukur Ibrahim dan Machrus Syamsuddin. Surabaya: Usaha Nasional.

Glickman, C.D.1990. Supervision of Instruction, A Developmental Approach. Second Edition. Needham Heights, Massachusetts: Allyn and Bacon.

Gordon, T. 1996. Guru yang Efektif, Cara untuk Mengatasi Kesulitan dalam Kelas.Terjemahan oleh Mudjito. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Gorton, R.A. 1976. School Administration: Challenge and Opportunity for Leadership. Dubugue — Iowa: Wm.C.Brown Company Publishers.




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v6i1.12518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Roemintoyo Roemintoyo

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.