SUPERVISI PENGAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SEKOLAH DASAR (Studi Multikasus di SD Laboratorium Sumber Ilmu,SDN Sekar Arum I, SDK Sang Surya, San SON Madukoro VI, Malang)
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Achmady, Z.A. 1995. Reformasi Administrasi dalam Pendidikan: Beberapa Pelajaran tentang Implementasi Kebijakan', Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar. Malang: Universitas Brawijaya.
Adan, A.M. 1987.Analisis Kebutuhan, Pengadaan dan Pengembangan Kepala Sekolah Dasar Negeri di Propinsi Daerah Istimewa Aceh (http://ppsupi.org/abstraksi.htm).Diakses 9 Januari 2006.
Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Kota Malang. 2005. Surat Keputusan BAS Kota Malang Nomor: 01/Kep/BASKOTA/I/2005 tentang Penetapan Hasil Akreditasi Sekolah. Malang: Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Kota Malang.
Bafadal, I. 1994. Proses Perubahan di Sekolah, Studi Multisitus pada Tuga Sekolah Dasar yang Baik di Sumekar.Disertasi tidal( diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang.
Brodjonegoro, S.S. 2004. Kualifikasi Pendidikan untuk Guru Kelas Sekolah Dasar, (Oniline), (www.dikti.orgkualifikasiGuruSD.htm, diakses 11 januari 2006).
Brannen, J. 1992. Mixing Methods: Qualitative and Quantitative Research.Aldershot, England: Avebury.
Caillods, F. 2004. Teachers: a Priority. News Letter, (Online), Vol. XXII, No. 1, January-March 2004 (http://www.unesco.org/iiep, diakses 17 Januari 2006).
Danim, S. 2002. Inovasi Pendidikan, Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Danumihardja, Hj.M. 2004.Manajemen Keuangan Sekolah, Studi Manajemen Keuangan pada Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama dalam Implementasi Otonomi Daerah. Jakarta: Uhamka Press.
Ekosusilo, M. 2003. Hasil Penelitian Kualitatif, Supervisi Pengajaran Dalam Latar Budaya Jawa, Studi Kasus Pembinaan Guru SD di Kraton Surakarta. Sukoharjo: Penerbit Uvitet Bantara Press.
Elley, W.B. 1992. How in the World Do Students Read.The Hague: IEA.
Ellis, A.J., Cogan, J.J. & Howey K.R. 1991.Introduction to the Foundations of Education.Boston: Allyn and Bacon.
Engkoswara, Soemantri, H.M, Ibrahim, R. & Sudjana, N. 2000.Keefektifan Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Jurnal Ilmu Pendidikan, I (2): 107-114.
Fattah. N. 1987. Ketidak Sesuaian Antara Anggaran yang Diusulkan dengan Ang-garan yang Disetujui Dalam Program Peningkatan Mutu Pendidikan SMA di Jawa Barat.Bandung.
Gaffar, H.M.F. 2004.Membangun Kembali Pendidikan Nasional dengan Fokus: Pembaharuan Manajemen Perguruan Tinggi Pada Era Globalisasi.
Makalah disajikan dalam Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia V, Surabaya, 5-9 Oktober 2004.
Gaustad, J. 1992. School Discipline.Digest # 78, December.
Gay, L.R. 1987. Educational Research, Competencies for Analysis and Application.Third Edition. Columbus, Ohio: Merrill Publishing Company.
Glaser, B.G. & Strauss, A.L. 1980.The Discovery of Grounded Theory, Strategies for Qualitative Research. New York: Aldine Publishing Company.
Glaser, B.G. & Strauss, A.L. 1985.Penemuan Teori Grounded, Beberapa Strategi Penelitian Kualitatif. Terjemahkan oleh Abd.Syukur Ibrahim dan Machrus Syamsuddin. Surabaya: Usaha Nasional.
Glickman, C.D.1990. Supervision of Instruction, A Developmental Approach. Second Edition. Needham Heights, Massachusetts: Allyn and Bacon.
Gordon, T. 1996. Guru yang Efektif, Cara untuk Mengatasi Kesulitan dalam Kelas.Terjemahan oleh Mudjito. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Gorton, R.A. 1976. School Administration: Challenge and Opportunity for Leadership. Dubugue — Iowa: Wm.C.Brown Company Publishers.
DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v6i1.12518
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2013 Roemintoyo Roemintoyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.