APLIKASI TEORI PERILAKU BERALASAN PADA KONSUMEN PRODUK HAND SANITIZER

Fea Prihapsara, Fatimah Dwi Kustati

Abstract

Mencuci tangan merupakan ritual yang sederhana dan dapat mengurangi risiko penularan penyakit infeksi hingga 50%. Namun, karena tidak selalu mudah menemukan air bersih dan sabun maka diperkenalkanlah produk hand sanitizer untuk mempermudah aktivitas seseorang dalam urusan cuci tangan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari sikap dan norma subyektif baik secara parsial maupun bersamaan terhadap niat beli mahasiswa pada produk hand sanitizer.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, berupa penelitian survey dengan responden sebanyak 120 mahasiswa yang diambil dengan metode judgemental sampling. Data primer dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji F, uji t, koefisien determinasi, dan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sikap secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli dengan nilai signifikasi (Pvalue) 0,000<0,05. Norma subyektif secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli dengan nilai signifikasi (Pvalue) 0,996>0,05. Secara bersama-sama sikap dan norma subyektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli dengan Fhitung sebesar 13,547 dan signifikasi (Pvalue) 0,000<0,05. Selain itu juga diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,174 yang artinya 17,4% perubahan variabel niat dapat dijelaskan oleh variabel sikap dan norma subyektif.

Full Text:

PDF

References

Ajzen I., 1991. The Theory Of Planned Behavior, Organizational Behavior And Human Decision Process, University Of Massachusetts at Amherst.

Arief, M.T.Q., 2008. Pengantar Metodologi Penelitian Untuk Ilmu Kesehatan. Sebelas Maret University Press, Surakarta.

Azwar, S., 2009. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar, Jakarta.

Ferdinand, A.T., 2006. Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Undip, Semarang.

Ghozali, I., 2001. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Guterman, H., & Levy, S., 2012. Does advertising matter to store brand purchase intention? Aconceptual framework 21, 89-97 cit Nadya, S., & Sihombing, O.S., 2012. Hubungan Antara Pengaruh Normatif dan Niat Beli Pakaian Merek Luar Negeri: Kesadaran Merek, Kualitas, dan Nilai Emosi Sebagai Variabel Mediasi. Paper CBAM. UNISSULA, Semarang.

Hasan, I., 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Edisi Pertama. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Nadya, S., & Sihombing, O.S., 2012. Hubungan Antara Pengaruh Normatif dan Niat Beli Pakaian Merek Luar Negeri: Kesadaran Merek, Kualitas, dan Nilai Emosi Sebagai Variabel Mediasi. Paper CBAM. UNISSULA, Semarang.

Nawawi, H., 1998. Metode Penelitian Bidang Sosial. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Reynolds, F.D., & Wells, W.D., 1977. Consumer Behavior. McGrawHill Book Company, New York.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.