Perbedaan Metode Penambahan Bahan Penghancur Secara Intragranular-Ekstragranular Terhadap Sifat Fisik Serta Profil Disolusi Tablet Ibuprofen

Sholichah Rohmani, Hilda Rosyanti

Abstract

Amilum pro tablet (Amprotab) sebagai bahan penghancur memiliki kekuatan pada aksi kapiler yang akan menarik cairan ke dalam tablet dan diharapkan dapat mempercepat waktu hancur tablet sehingga mempermudah ibuprofen untuk melarut. Kecepatan hancurnya tablet ditentukan oleh posisi bahan penghancur. Secara intragranular tablet akan dipecah menjadi partikel penyusun. Sedangkan secara ekstragranular tablet akan dipecah menjadi granul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penambahan bahan penghancur secara intragranular, ekstragranular dan kombinasinya terhadap sifat fisik dan profil disolusi tablet ibuprofen. Pembuatan tablet ibuprofen dilakukan dengan metode granulasi basah. Tablet formula 1 dibuat secara intragranular, formula 2 kombinasi intragranular-ekstragranular dengan perbandingan 50:50 dan formula 3 secara ekstragranular. Granul kering yang homogen kemudian diuji sifat fisik granul meliputi : waktu alir dan sudut diam. Kemudian dicetak dengan diberi tekanan kompresi yang sama. Evaluasi tablet meliputi keseragaman bobot, kekerasan, kerapuhan, waktu hancur, penetapan kadar dan disolusi. Hasil yang diperoleh dibandingkan dengan literatur standard dan dianalisis secara statistik. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa penambahan amprotab sebagai bahan penghancur secara intragranular dan ekstragranular dengan perbandingan konsentrasi yang berbeda mempengaruhi sifat fisik pada keseragaman bobot, kekerasan, kerapuhan dan waktu hancur serta profil disolusi tablet ibuprofen, tetapi tidak berpengaruh pada kadar ibuprofen yang terkandung dalam tablet. Formula tablet yang baik yaitu F2 karena menghasilkan tablet yang memenuhi semua syarat uji sifat fisik tablet dan profil disolusi tablet ibuprofen.

Keywords

Tablet, ibuprofen, bahan penghancur, profil disolusi

Full Text:

PDF

References

References

Ainurofiq, A. & Nailatul, A., 2016. Perbandingan Penggunaan Bahan Pengancur Secara Intragranular, Ekstragranular, dan Kombinasinya. Journal of Pharmaceutical Science and Clinical Research.

Ansel, C., 1989. Pengantar Bentuk Sediaan Farmasi. 4 ed. Jakarta: UI Press.

Anzhari, N., Ina, R. & Sri, R., 2017. Penggunaan Amylum Manihot Sebagai Bahan Penghancur dalam Formulasi Tablet Ibuprofen Secara Kombinasi Intragranular-Ekstragranular. Journal of Current Pharmaceutical Sciences.

Aulton’s, M., 2007. The Design And Manufacture Of Medicines. 3 ed. China: International Edition.

Banker, G. & Anderson, N., 1994. Tablet, In : Lachman, L., Lieberman, H. A., et al. Eds.1, The Theory and Practice of Industrial Pharmacy. 3 ed. New York: Marcel Dekker Inc.

Depkes, R., 1979. Farmakope Indonesia Edisi III. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Depkes, R., 1995. Farmakope Indonesia Edisi IV. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Depkes, R., 2014. Farmakope Indonesia Edisi V. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Deshmukh, V., 2012. Mouth Dissolving Drug Delivery System: A Review. International Journal of PharmaTech Research, 4(1), pp. 412-421.

Hariana, A., 2007. Tumbuhan Obat dan Khasiatnya. 3 ed. Jakarta: Penebar Swadaya.

Lachman, L., Lieber, H. & Kanig, J., 1994. Teori dan Praktik Industri Farmasi I. I ed. Jakarta: UI Press.

Marshall, K. & E.M, R., 1989. Tablet Dosage Forms, In: Banker, G.S., and C.T. Rhodes (Eds.) Modern Pharmaceutics. 2 ed. New York: Marcel Dekker Inc.

Saifullah, T., 2003. Penggunaan Amilum Sagu Pregelatinized sebagai Bahan Penghancur Tablet dengsn Bahan Pengisi yang Tidak Larut dalam Air. Jurnal Bahan Alam Indonesia.

Siregar, C. & Wikarsa, S., 2010. Teknologi Farmasi Sediaan Tablet. Jakarta: EGC.

Sugiono, Afriliana, H. & Yulias, N., 2015. Pengaruh Penggunaan Amilum Biji Durian (Durio zibethinus L) sebagai Bahan Penghancur yang ditambahkan secara internal- Eksternal terhadap Sifat Fisik dan Kimia Tablet Ibuprofen. Jurnal Farmasi.

Sulaiman, T., 2007. Teknologi & Formulasi Sediaan Tablet. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Syofyan, Tri, Y. & Maria, D., 2015. Pengaruh Kombinasi Magnesium Stearat dan Talkum sebagai Lubrikan terhadap Profil Disolusi Tablet Ibuprofen. Jurnal Sains Farmasi & Klinis.

Voigt, R., 1994. Buku Pelajaran Teknologi Farmasi. V ed. Yogyakarta: UGM Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.