Potensi Ekstrak Daun Kangkung Darat (Ipomea reptans Poir) Sebagai Agen Sedatif Herbal

Wisnu Kundarto, Anafia Azzahra Pratiwi

Abstract


Padatnya aktivitas dapat menyebabkan kualitas tidur menurun dan memicu gangguan tidur. Tanaman kangkung darat terbukti mempunyai efek sedasi pada dosis 2 mg/gBB, 4 mg/gBB, dan 8 mg/gBB dengan metode rotarod. Penelitian ini bertujuan melihat ada tidaknya efek sedasi dengan metode refleks balik badan pada variasi dosis yang lebih kecil. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental dengan rancangan post test only control group design. Penelitian ini menggunakan 30 ekor mencit Balb/c jantan dan terdiri dari 6 kelompok yaitu kontrol positif fenobarbital 6 mg/kgBB, kontrol negatif akuades, perlakuan dosis 8 mg/kgBB, 16 mg/kgBB, dan 32 mg/kgBB. Pengamatan dilakukan dengan mencatat durasi waktu tidur mencit dan dibandingkan antar kelompok. Hasil penelitian menunjukkan dosis 8 mg/kgBB juga menunjukkan efek sedasi dan durasi waktu tidur meningkat sebanding dengan kenaikan dosis

Keywords


Efek sedative; Ipomea reptans Poir; durasi waktu tidur; refleks balik

Full Text:

PDF

References


Anggara, R., 2009, Pengaruh Ekstrak Kangkung Darat (Ipomea reptans Poir) Terhadap Efek Sedasi Pada Mencit Balb/c., Universitas Diponegoro, Semarang.

Ansel, H.C., 1989, Pengantar Bentuk Sediaan Farmasi, diterjemahkan oleh Farida Ibrahim, Asmaniar, dan Iis Aisyah, Edisi IV, 244, 255-271, 607-608, UI Press., Jakarta.

Ariani, E., 2010, Tidur Untuk Sehat dan Awet Muda, Nirmala., Jakarta.

Harborne, J.B., 1987, Metode Fitokimia, diterjemahkan oleh Padmawinata, K., dan Sudiro, I., ITB., Bandung.

Listiani, A., 2007, Rahasia Tidur Malam yang Nyenyak, Interaksara., Jakarta.

Marfu’ah, I., Sudarso, dan Diniatik, 2013, Efek Sedasi Dari Variasi Dosis Ekstrak Etanol Daun Ubi Jalar (Ipomoea batatas L) Pada Mencit, Jurnal Pharmacy, Vol 10, 1-16.

Steenis, C.G.G.J.B., dan Eyma, P.J., 1978, Flora., Pradnya Paramita., Jakarta.

Vogel, 2002, Drug Discovery and Evaluation, Pharmacological Assay, 2nd Edition, Springer-Verlog Berlin Hiedelberg., Germany.

Wijayakusuma, H., 2008, Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit, Pustaka Bunda., Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.20961/jpscr.v3i1.15106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics View My Stats This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License